Mudah baca tulis ntfs dengan ntfs-3g


Type : Tutorial Linux

OS : Linux Ubuntu 7.04

 

Saat ini, para pengguna Linux masih banyak yang menggunakan sistem operasi dobel, antara windows dengan Linux. Alasannya (mostly) karena masih ingin menggunakan suatu aplikasi di windows yang masih belum terdapat pada Linux. Terkadang kita ingin melakukan pertukaran data dari satu OS kita ke OS yang lain, tapi sering terbentur masalah penggunaan filesystem yang berbeda sehingga memperumit proses penyalinan file, terutama memindah file dari Linux ke partisi dengan filesystem ntfs milik windows. Berikut akan dijelaskan bagaimana instalasi dan pengaturan ntfs-3g pada linux agar dapat melakukan operasi baca dan tulis pada fiesystem ntfs.

1. Secara default, distro Ubuntu sudah dapat melakukan mounting secara otomatis partisi NTFS harddisk, setelah proses instalasi Ubuntu selesai dilakukan.

2. Daftar partisi yang di mount pada sistem Ubuntu dapat dilihat pada file /etc/fstab

gksudo gedit /etc/fstab

 

3. Partisi NTFS yang dimount oleh Ubuntu secara default hanya mengijinkan operasi baca pada file NTFS. Agar partisi tersebut dapat secara otomatis dibaca dan ditulis, dapat diinstalasikan paket ntfs-3g dan ntfs-config (untuk konfigurasi ntfs-3g secara GUI)
sudo apt-get install ntfs-3g ntfs-config

4. Setelah proses instalasi selesai. Mounting dapat dilakukan secara langsung dengan menggunakan perintah ntfs-3g <partisi NTFS yang ingin dimount> <mount point>.

$ sudo su –

# fdisk –l

# ntfs-3g /dev/hda1 /media/hda1

Agar partisi ntfs dapat di baca dan tulis oleh user selain root secara otomatis setiap kali sistem dinyalakan, tambahkan baris berikut pada /etc/fstab

/dev/hda1 /media/hda1 ntfs-3g silent,umask=0,locale=hu_HU.utf8 0 0

6. Untuk yang “berjantung lemah” dengan kegiatan ketik mengetik di console dan/atau editing file OS dapat menggunakan fasilitas GUI yang disediakan ntfs-config untuk mengatur fungsi dari ntfs-3g

Jalankan ntfs-config dengan mode super user (silahkan meggunakan sudo atau gksudo) lalu tandai pilihan opsi baca tulis yang diinginkan (untuk internal storage dan external storage)

7. Terakhir, dapat di tes melakukan proses baca tulis dari suatu file atau folder ke partisi NTFS tersebut dari user biasa. Jika bisa, berarti proses konfigurasi ntfs-3g terlah berhasil ^_^

Catatan : pada sistem yang saya gunakan proses baca tulis pada harddisk internal (SATA harddisk) berjalan dengan baik, begitu juga pada HD external.

Advertisements

3 comments on “Mudah baca tulis ntfs dengan ntfs-3g

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s