nokia 6233 firmware 5.60


pertama sih ragu2 waktu mau update firmware dari firmware bawaanku yang ‘masih’ versi 5.43 ke firmware baru 5.60. karena kalo gagal, tuh hape bisa jadi pemberat kertas doank :|

akhirnya dengan tekad agak bulat lonjong2 dikit sambung deh tuh hape ke lapiie dan mulai proses update online sambil berdo’a ga ada msalah muncul… and in the end, setelah 15 menit downlaod firmware baru dan proses flashing, hape restart dan berjalan dengan semestinya (thank God), sekarang tinggal nunggu stabilitas, diuji coba seharian ga ada problem muncul :D cuman ku masih blom tau tepatnya apa aja perbaikan di firmware baru ini

anyway, better safe than sorry right, kalo ada update firmware pasti ditujukan untuk sesuatu. so kaykanya ntar malam bakal update 2 buah 6233 laen yang ada dirumah :)

buat yang pengen update firmware juga, sbelumnya jangan lupa download Nokai PCSUite terbaru di sini
lalu periksa apakah model kamu dapat diupdate di sini
baru deh download Nokia software updater di sini

57 comments on “nokia 6233 firmware 5.60

  1. nope, ga ilang ko’
    ga ada yang ilang, sms, phonbook, dan laen2.
    tapi buat safety measure, backup dulu data yah

  2. wah aq koq blopm brani update fi9rmware lagi y…
    coz pas aq update 6233 ku ke firmware versi 5.43.. ada “menu yg hilang”, yaitu calculator..
    jangan2 ntar malah ada lagi yg laen yg ilang.. hiiii

  3. aplikasiku masih utuh, calculator masih ada ^_^
    mungkin waktu kamu upgrade dulu sempat error/keputus, jadi flashing rom-nya sedikit bermasalah :) flash ulang aja ;)
    hp anda juag punya hak untuk menjadi lebih muda ^^

    dan setelah make selama 4 hari ini, rasanya lebih stabil, sebelum upgrade kadang restart sendiri (meski masih terhitung jarang juga) kalo ku ngirim sms panjang (sampe 3-4 paket), tapi sekarang blom ada masalah atau restart :)

    ku nyoba nyari changelog 5.60 ndak nemu di inet, nemu changelog 5.43 aja :(

  4. om emang firmware ama nokia pc suite bedanya apa? trus kok aku klo mo nginstall sesuatu software utk hpku kok ada tulisan system error trus. semua software yg aku instal pasti kluar kyk gt. wkt itu seh pernah kena trojan. hehe…. ud gt kok aku klo masukin memori card hpku ke komp, kan ada banyak tuh folder2nya ada images, sound, dkk, nah tp knp folder systemnya ga ada. tolong bantu y om. thx o iy tipe hpku nokia 6670. thx

  5. firmware tuh ‘software’ a.k.a bisa dibilang sistem operasi hp-nya lah.
    kalo pc suite kan aplikasi desktop untuk manajemen hape ;)

    folder system kan emang hidden biasanya
    ku dulu pernah make n-gage, 3230, N-73 tuh gitu kayaknya

  6. ooo tp kok dulu folder system aku bisa muncul, trus tau2 ilang. ud aku show hidden file juga tetep ga ada om. trus klo nginstall sofware trakir begitu selse selalu system error. itu knp y om? tolong dibantu. thx

  7. o iy sama klo nginstall software pas ud ada tlsan installation trus bar ga mau gerak eh taw2 ilang balik ke menu tp lom keinstall. sebelum diinstal klo aku klik tulisannya “application is untrusted and may have problems. Install only if you trust provider.” begitu trus begitu diinstal yaa begitu td. thx

  8. yang pertama :
    explorer kamu dibuat untuk nampilkan file/folderhidden dan sistem kali :) kalo ga gitu ya, coba format MMC/SD make hape.
    kalo masalah instalasi eror, kali aja installer emang rusak. ku ga terllau tau banyak tentang hape

    yang kedua :
    lanjut aja kalo sumber file instalasi emang terpercaya :)
    tuh biasanya karena unsigned application.

    a bisa bantu banyak kalo udah symbian, dah lama ga pake symbian

  9. bro,,, salam knal sblmnya ;-)

    lu di Sby ta domisilinya (gw liat dr capture speedtest.com)?

    gw ada masalah neh ma 6233 gw, memory internal nya kayake eror deh, gw beli second c, tp barange masih oke, segel jg oke, tapi memory internalnya full trus padahal semua isinya dah gw hapus, firmware yg sebelumnya 4.62 lalu gw bawa ke teman pake alat2 konter gt gw g tau di flas jadi 5.43, soalnya gw takut update sendiri di warnet, ntar koneksi putus bisa brabe neh hp

    oh ya default free memory setelah di flash brp c? kok kemaren punya gw cuma 4,5mb, dr total 6mb memory internal, apa yg 1mb buat system hp?

    trus neh gw mulai parno aja, dulu kan stelah di flash free memorynya 4,5mb, tp sekarang kl gw total used+free nya kok cuma 4mb ya? gw takut masalah kayak dulu balik lagi

    ada saran gak?

    thanks

  10. feee emang kira2 segitu, karena phone memory juag digunakan sbegai ram oleh OS hand[hone, jado misal kalo load theme, akan terpakai memory lagi. sms, mms, email, semua disimpan di memory internal juga.

    ku juga setelah meminimalkan semua, kira2 dapat 4.x MB juga kalo ga salah :)

  11. hi setya,

    gw juga pake 6233 uda dari dulu nyari2 update yg lebi baru dr 5.43 tp herannya tiap kali check update dr website nokia yg paling baru cuma 5.43 gak perna dapet 5.60 kira2 napa ya?

    thanks

  12. Mas, salam kenal.
    Begini mas, Om saya kan pakai 6233, waktu itu ada masalah lalu dibawa ke nokia care dan dirawat inap, entah diperlakukan seperti apa di sana, settibanya di rumah ternyata ada yg ganjil, kalkulator dan fasilitas email yg ada di message HILANG. Karena garansi sudah habis jadi tidak bisa upgrade gratis lagi, saya mau mengupgare 6233 Om saya itu, saya sudah mendownload “Nokia Software Updater”, kabel usb pun sudah siap, sekarang tinggal langkah2nya yang saya kurang paham dari gambar yg ada di nokia.co.id/ dari tulisan mas di atas.
    Kalau bisa saya minta dijelaskan tahap demi tahap untuk mengupgradenya.
    lalu, apakah dalam mengupgrade kita perlu koneksi internet?
    dan apa resiko yg dapat terjadi?
    Mohon bantuannya. Terima kasih.

  13. internet, perlu, karena ntar download firmware dari internet yang kemudian di flash ke hape.

    resiko : selama aplikais masih mroses downlaod firmware dari internet, ga ada masalah meski terganggu juga, tapi kalo firmware udah terdownload, kemudian udah mulai di flash ke hape, jangan sampe putus ditengah ajalan, misal kabel usb lepas, komputer mati dan sebagainya, hape bisa mati ntar :)

    langkahnay sebenarnya gampang. tancapin handphone, jalankan nokia software updater, biarin dia cek firmware hape, apakah udah terbaru dan sama dengan database di internet, kalo blom bakal download baru, trus flash ke hape. semuanya otomatis, paling klk next doank.

  14. Maaf mas Setya, saya ada pertanyaan lagi nih, hp om saya itu versi 5.43, saya juga sudah memberitahuakan semuanya termasuk jawaban dari mas Setya, yg masih mengganjal untuk om saya adalah, kegunan dari update itu sendiri ada, maksudnya fungsi, manfaat serta pengaruhnya bagi hp kita setelah di upgrade ?
    Terima kasih sebelumnya atas jawaban dari mas Setya.

  15. aplikasi nokia 6233 yang saya miliki menampilkan aplikasi terkunci, dan apabila dibuka menampilkan kata kunci aplikasi salah…. mohon solusinya.. atas jawabannnya saya ucapkan terima kasih!

  16. Lam knal mas setya,. Aku mau mnta tlg,
    Ak ad mslah dg hp q 6233 versi 4.52. Yg mau ak tnyakn, knp memori internalnya mjdi korupt atau mjdi sdikit kra2 10kb,.knp ya? It trjdi ktika slesai br0wsing pke web bwa’an n0kia di menu utama.,lalu free memory menjadi brkurang.. Apkh ak bs mngupdate ke versi 5.60 yg ada d NSU.?
    Kalau pke m0dem hp bwt br0wsing d PC, apkh tetep bsa hp ku 6233 d update slama proses. .sdgkn hp lain yg d pke m0dem bwt internet adl N73. Mgkin kah hal itu bs d lakukn, jika k 2 hp trsmbung pc lwt kbel usb.? yg satu bwt m0dem (N73) ,yg satu lagi bwt meng update firmware (6233). Terima kasih mas setya. Ak tggu blsanya. .thx.

    • kalo update aku sarankan pake koneksi yang stabil. kalo terjadi kesalahan pada waktu update bisa rusak hapenya.
      kalo yang msalah memory tadi ku ga tau sih, bisa jadi emang bermasalah, mending bawa ke nokia care aja untuk amannya

  17. slm kenal mas setya…
    hp q nokia 6233, sering restart sendiri, trus tiba2 setting profile sendiri (kayak diremote gt). udah pernah q balikin k settingan awal tp tetep aja suka restart. apa itu kena virus ya? klo kena virus antivirusnya apa? ada yang nyaranin d flash ulang. itu diapain ya? (hehe gaptek nih). maap klo pertanyaannya bnyk. mohon pencerahannya…
    thanks b4…

    • kadang2 6233 mang suka gitu, kalo re-start-nya terlalu sering, mending bawa ke nokia care, kemungkinn software bermasalah dan bakal di flash ulang. biasanya itu bisa mengatasi amsalah restart.

  18. terimakasih atas forumnya, saya memakia nokia 6233 juga, internal hp selalu full terutama di sms selalau penuh. padahal telah saya hapus nada dering/ game supaya tdk penuh. tapi tetap saja setiap sms masuk terlihat full. dan untuk nokia updater tidak ada yang terupdate untuk 5.60, selalu saja 5.43. dan sya pun tanya kesana kesini. nokia 6233 memang versi terbarunya 5.43. kalau mas setya bisa mendapatkan versi 5.60 mohonh petunjuknya. terimaksih.

  19. slam knal as…
    gni sy pake 6233…
    sy suka maukin program, tapi kenapa program yang lebih dari 1 mb gak bisa masuk…
    tulisannya “the file size is too big

  20. Hi.. salam kenal.

    Saya baru saja jadi korban update firmware tidak berhasil :( Penyebabnya masih tidak tahu… Pas download saya sempat tinggal dan sepertinya lancar, tapi sewaktu kembali ke laptop sudah masuk proses flash dan dibilang HP tidak bisa dideteksi. Padahal di PC Suite keadaan masih terkoneksi. Saya klik coba lagi tiba2 HP jadi blank dan laptop mendeteksi new hardware yang aneh2 (USB apa gitu deh).

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah ada jalan lain selain dibawa ke Service Center Nokia?
    2. Kalau ada yang pernah bawa ke SCN, biaya nya berapa ya utk recover flash nya?

    Thanks.

      • iya 6233-ku juga kaya punyanya om HenBang ini.. diupdate di warnet eh pas flash 15% ngadat trus blank, gak bisa diapa2in.. jadinya sekarang rawat inap di Nokia Service Centre…

        jadi kayaknya disaranin upgrade di nokia aja, bayarnya 80rb kalo ga salah buat 6233, yaah agak mahal sih.. tapi kan bergaransi..

        daripada salah pas update sendiri kaya gini, diservice malah bayar 125rb.. T.T

  21. aduh gimana ne,q dl p’nah make 6233 utk versinya q g tw tp np ya dL, ada masalah ma sinyal, utksms yang mw masuk kuk dr tmn2 sering pending mulu ya<and tiba2 stlh 6jam/4jam kmdian baru muncul misal 11sms 15 sms.. alias pada kepending di inbox q,,, gmana ya mas….

  22. n rencana q mw beli hp 6233 lg..soalnya q suka bgt ne ma suara hpnya… ngebass bo” kira2 kalo q beli lg.. bkal eror gak ya Mas,jd trauma Nii

  23. Mas, numpang nanya nih. . .
    Sya kn punya nokia 6233, tp skrang udh g’ bsa connect ke internet pke pc suite. Pdhl dulux bisa. . . Bagaimana cara mengatasinya? Sya udh setting APNx ssuai dgn bnr. . . Tp ttp g’ bsa. . .

  24. Mas aq mw nanya!! Nokia 6233 pnya q kox gak bisa di percepat y saat memutar video. .? Trus sempet jg aq ke konter liat hp 6233 yg laen. .lalu tak cba jg buat percepat video jg gak bsa? Ap emang semua 6233 begitu. .? Dan ap sarannya? Makasi mas. . .ilove u full

  25. Lawx hp6233Q dri dbeli udah dri sononya v.5.60,mo diapæn lge,hohohoy..,
    oyah mo nanya,ada g’aplikasi antivirusnya?yah wat jga2….
    lawx ada dmana downloadx?
    Makasi..

  26. mas hp saya nokia 6233 second, baru 2 hari ini saya pakai, tapi sering restar j, minimal 2x sehari.bagaimana solusinya .plis.makasih

  27. mas mau tanya nieh,,,, knp yach hp nokia 6233 aku ga bisa buat buka file java,,, pas ti muncul pesan, di perlukan kunci aktivasi,,,, mohon bantuannya yach……

  28. bro…hp n6233 gua kagak bs dowload video…katanya memory full…padahal isi memory card nya msh byk dan cukup tuk download video ntu….apa ada mslh setingan bro…tolong kasih solusinya bro

  29. mas, salam kenal.
    kemarin itu pengingat pada kalender 6233 saya di set menghapus otomatis setelah seminggu.
    ada cara gak untuk mengambil kembali data yang telah terhapus?

  30. mas mau tanya ni knp hp 6233 ku kok klo pke aplikasi kyk opera,ebuddi gak bisa konek ke internet ya tp lo pke web bisa mhon bantuannya

Leave a Reply

