Sex pranikah ???


abis buka mail, ada pesan di friendster dari teman yang nanyain hal yang cukup unik

Mas Tyo.. Aku pengen nanya inih..

1. Apa sikap dan pendapat kamu tentang seks pranikah?
2. Apa sikap dan pendapat kamu terhadap orang yg melakukan seks pranikah?

Mohon dijawab yah.. Makasih banyak, Mas.. ^^

fiuh… pertanyaan kamu berat amat ^_^ buat bahan cerpen baru kah ?

okay, gini…

gimana yah bilangnya “ribet”, antara menuruti kebebasan berbicara dan berperilaku dan predikat budaya timur yang katanya tabu akan pembicaraan semacam itu. palagi yang dibahas masalah sexual intercourse sebelum marriage.

the way i see it, dengan latar belakang budaya timur, rada susah untuk bahas secara gamblang yah yang ngungkapin pendapat. since para pro terhadap issue tersebut mungkin ngga ada di antara yang komen dan andai ada masti mikir2 ulang sebelum posting komen, once again budaya timur ^_^

kalo ku sih, basicly (pertanyaan no 2) ga da masalah ama yang lakuin hal tersebut. terus terang aja di sekelilingku ga cuman 1-2 aja yang melakukannya.

saat manusia mematahkan belenggu kebebasannya, maka kebebasan itu sendiri yang akan menjadi belenggu bagi dirinya ^_^

>> Jadilah orang yang bertanggungjawab atas perbuatan kita, ya gak?? <<

mo milih jalan manapun asal bertanggung jawab ama pilihannya itu ^_^

tu yang penting…

manusia yang sempurna bukan manusia yang tidak pernah berbuat kesalahan (salah memilih keputusan) tapi yang mampu bertanggung jawab pada pilihan dan belajar untuk lebih baik…

kalo pesenku buat teman yang melakukan hal tersebut cuman “jangan sampe nyesel aja, baik nyesel melakukan atau nyesel ga melakukan”

nah sekarang balik ke pertanyaan no 1, masalah sikap diri sendiri, ehm.. agak susah juga jawabnya (mengingat basa-basiku di pembukaan). ku sendiri dulu bersikap keras tentang hal ini, baik untuk diri sendiri dan orang laen yang aku kenal. tapi sekarang ku jadi lebih open minded. ku punya lembaran masing2 lembaran hitam dan putih selama perjalanan hidupku. aku ga bisa bilang TIDAK atau bilang YA untuk masalah ini. karena konteks pertanyaan tersebut hanya bisa terjawab pada saat hal tersebut benar2 terjadi. ku hanya manusia biasa ^_^

Advertisements

8 comments on “Sex pranikah ???

  1. * PERTAMAXXX

    Tumben postingannya curhat :p

    YA ya ya.. itu pertanyaan dari elisa kan? dia juga nanya gitu ke gw :D

    GW setubuh … eis setuju.. hehe.. asal bertanggungjawab :p

    /jadi inget oncow kita waktu itu seth :D

  2. PREMIUM!!!

    iya lah, sesekali curhat, masa’ judul blog namanya ada ‘rant’ tapi nga pernah nge-‘rant’ing sama sekali ^_^

    yup, pertanyaan dari dian :)
    kaget juga sih dapat pertanyaan gitu, tanya di FS pula :) kalo di YM kan wajar ^_^

    /iya jadi ingat ^_^

  3. Makasih banyak ya, Mas.

    Di sini jawabannya jauh lebih panjang dan lebih sarat penjelasan daripada yang ditaruh di Friendster-ku.

    Aku suka sekali baca jawaban kamu, mungkin karena jawabanku untuk pertanyaan ini hampir sama dengan jawaban kamu. ^^

    Bagian yang aku bilang filosofis itu yang tentang belenggu itu. Hmm, mungkin filosofis bukan kata yang tepat, mungkin. Soalnya aku sendiri juga belum begitu paham dengan arti dari kata itu. XD XD XD

    Tapi kalau kata ‘tanggung jawab’ dalam konteks ini diartikan sebagai kalau udah hamil ya nikah, aku sangat tidak setuju.
    Bagiku, kalau cuma seperti itu, masih jauh sekali dari yang aku pikirkan tentang tanggung jawab. XD XD XD

    Btw, apaan tuh oncow? *penasaran*

  4. arti tanggung jawab ditulisan itu (paling ngga dalam sudut pandangku) adalah, tiap tindakan atau pilihan mempunyai konsekuensi, kalo milih sesuatu harus siap dengan konsekuensinya, lakukan dengan benar dan bertanggung jawab.

    i swear, aku lebih marah ama cowok/cewek yang menggugurin bayi (yaang mungkin dianggap datang pada saat yang kurang tepat) untuk nyelamatin muka.

    tanggung jawab tuh luas dan ga sekedar itu aja.

    btw, masalah oncow, ehm.. apaan yah, aku meng-iya-kan aja komen deddy ^_^

    just kidding, obrolan cowo’ bukan ded maksudnya ????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s