boring… my own custom PS2 loader


boring, belajar SCM ko’ agak2 ngantuk…. refreshing bentar otak atik console.

dilatar belakangin rasa bosen kalo tiap kali booting mesti masuk OSDSYS bawaan sony (kemaren juag smepat di hack buat nambah meu tambahan, cuman tetep aja dasarnya OSDSYS sony), kali ini mo buat custom loader aja deh.

console yang diotak atik PSTwo slin v18, SCPH-9006 NTSC-J. nih console dulu berli udah pre-modded, tapi ga tau nih di mod pake apa chip-nya. udha coba otak2 shorcut2 modchip yang populer buat akses dev-olution mode 1 (dev 1) ko’ ga bisa. yasud, nyerah deh, buat akses aplikasi homebrew terpaksa pasang FMCB (free MCBoot). versi FMCB yang kupake versi 1.7. nih esploit dipake supaya bisa startup atau jalanin aplikasi dari memory card, nih dah kupake sejak lama sih, buat hack OSDSYS kemaren buat nambahin menu player ama emulator di menu PS2 :)

oke FMCB terinstall, sekalian aku pasang make uLE 4.30 buat launcher homebrew (nih yang ntar bakal aku custom buat pengganti OSDSYS. aplikasi laen yang kupasang tuh Simple Meda Player (SMS) 2.8 rev 8 buat pmaenin divx di PS2 :) tuh semua palikasi ku pasang di memory card karena bakal seirng diakses. aplikasi tambahan laen emulator NES ake FCE Ultra dan emulator SNES make SNES-Station kupasang di USB aja, karena ga seirng2 so kalo mau maen tuh pasang usb Flashdisk. not bad buat nostalgia, game lama tuh keren2 abis, mengenang masa kecil dulu ^_^

oke, so titik penting disini uLE 4.30 yang aku custom skinnya. FMCB yang defaultnya startup ke OSDSYS, ku buat auto ke uLE 4.30. nah dari uLE 4.30 ku buat custom skin untuk GUI dengan menggunakan multiple config untuk mendapatkan menu macam XMB PS3 atau PSP, cuman lebih kumodel kek OSX :) ku make 3 config, LAUNCELF.CNF buat awal aja, ga ada menu, cuman buat peringatan, LAUCNELF1.CNF buat launch game, diantaranya launhing game PS2, SNES dan NES. oia, ku sengaja bikin supaya fastboot FMCB off agar PS2 selalu boot ke uLE meski sudha ada disc di tray, biar keliatan lah loadernya ^_^ kalo mo maenin, masuk menu dua dan pilih :play PS2 game” :). trus LAUNCELF2.CNF ku pake buat jalanin aplikasi tambahan yang aku kasih, diantaranya SMS buat media dan browser file milik uLE (paling suka nih, buat backup save game dari MC, atau buat jalanin homebrew), nih browser sengaja kasih skin MGS4 ^_^ trus ketiga jalanin browser milik PS2 sendiri (browse MC).

ga ribet2 nih screncap loader yang aku pake

awal load masuk sini, isinya sih aturan pakai dan cara pakai ;)

awal load masuk sini, isinya sih aturan pakai dan cara pakai ;)

menu game ^_^ ayo mo maen console apa ?

menu game ^_^ ayo mo maen console apa ?

kalo lagi pengen refreshing ^_^

kalo lagi pengen refreshing ^_^

sayangnya ga bisa bikin screncap di PS2, so kasih skin doank, tapi tuh browser, so bagian besar di tengah tuh broswe file ^_^

sayangnya ga bisa bikin screncap di PS2, so kasih skin doank, tapi tuh browser, so bagian besar di tengah tuh broswe file ^_^

Download file2 yang mungkin dibutuhkan :

FMCB 1.8b
uLE 4.30 (elf version)
uLE 4.30 bootable CD version

69 comments on “boring… my own custom PS2 loader

  1. lah kan udah jelas diatas disebut kedua aplikasinya ;)
    FMCb (free mc boot) ama uLE (ulauncerELF). link juga langsug ke subforum freevast (FMC) dan subforum uLE kan. ko’ bingung ?

  2. boss gimana kalo ps2 slim-ku enggak pake HDD?

    trus cara biar flashdisk-ku ke detect di ps2 gimana yah?
    soalnya aku mau denger mp3 , putar video & main emulator NES,SNES buat ps2

    (apa harus download software khusus trus tancepin F.D ke ps2 / burn software ke DVD biar dibaca ps2 trus colok F.Dnya?)

    plz bantuin yah,,,

  3. ps slim ku juga ga pake HD ko’
    supaya bisa baca usb FD sebagai penyimpanan data, pake aja uLauncher ELF. bakar ke jadi CD aja (cek tutorialku di blog yang menggunakan memory card emulator di FD disitu ku sertain uLE versi CD), trus boot, ntar bisa browse FD. emulator dan sisanya tinggal taruh di FD dan eksekusi dari situ

  4. ehm… simplenay sih gini

    kopi semua kebutuhan kek FMCB (yang terbaru 1.8) dan apliksi yang mau dipasang di flashdisk (ikutin petunjuk file readme di download FMCB)

    boot uLE yang lewat CD, browse ke flashdisk, lalu alankan file efl instalasi FMCb :)

    detilnya bisa liat di asrip download FMCB 1.8 ko’ download aja dulu, ntar didalam ada petunjuk instalasi

    edit : kutambahin link download tuh diatas

  5. wa dah bisa boot uLe lewat cd, trus browse ke flashdisk pili yg mana kk, coba satu2 gk bisa nih?

    FYI: Ps2 slim SCPH70012
    chip MATRIX
    FD KINGSTON 4GB
    MC sony 8MB

    btw link nya nyasar kk^^

  6. FD harus diformat make FAT/FAT32, kalo NTFS ga bisa loh :)

    di uLE eluar tampilin tekan O untuk masuk browser, FD tuh “mass”

    link apaan yang nyasar ?

  7. gan, gue pan nyoba snesstation yg versi usb, tp koq gak mo load/baca flashdisk(rom-nya ada di fd) pdhl gue jalanin snes.elf nya dr flashdisk

    0_o!

    binun

  8. Hi, Sobat, aku punya PS2 Slim type SCPH 70006, gimana caranya supaya bisa simpan file di flashdisk dan bisa dibaca di USB aku udah ikutin tapi masih bingung mulai dari mana,
    Tk V much

  9. KASIH SOLUSINYA DONG, AKU UDAH KOPI SEMUA FILE FMCB KE CD, TERUS AKU LANGSUNG BOOTING KE PS, TAPI YANG MUNCUL GAMBAR MC DOANG SAMA CD, TERUS AKU KLIK KE CD NGULANG2 LAGI, TOLONG DIEXSPLAIN DONG SATU PERSATU, SUPAYA AKU NGERTI, TKS ALOT

    • next time jangan nulis kalo caps lock nyala yah, bikin yang laen ga nyaman ntar.

      post diatas ku buat dnegan asumsi pembaca udah bisa dan udah mejalankan uLE di PS2nya.
      lagian bukan tutorial sih emang, cuman sekedar proof of concept kalo bisa :)

      kalo belom, ngga usah kopi file FMCB dll ke CD, bahkan ga peru bikin cd apa2 kecuali bakar aja image uLE CD yang udah ku sertain itu yang ntar jalanin di PS2, itu CD udah make format PS2, adi pasti kebaca dan dijalankan uLE-nya

      kalo cd data biasa (yang kamu bakar) tentu ga bakal dijalanin lah ama PS2.

      nah abis cd uLE dibakar, jalanin, ntar otomatis jalanin uLE di PS2, uLE kek file manager, dari situ browse aj FD (mass) dan jalanin installer FMCB (yang udah include uLE) dari situ :)

      nah kalo udah tinggal otak atik setting uLE, buat make multiple config :)

      beres deh ;)

      ku saranin cari dulu artikel2 di google untuk cara make FMCB, instalasi FMCB dan cara makai uLE (termasuk cara skinning).

  10. sebelumnya saya mohon maaf kemaren malas2an jd tombol caps lok kteken tidak sengaja, oke deh boss, ntar aku praktekkin, oya sofware untuk bakar CD pake format PS2 pake apa ya ? ?, tks alot

  11. Udah Jalan Boss, cuma sekarang masalahnya, untuk HDL loader apa aku mesti beli USB Extreme biar bisa main pake slot USB di PS2, terus aku udah format hardisk pake WINHIP tetapi tetap tidak jalan, atau mungkin aku mesti beli slot network ya…

  12. bos nanya dunk….
    gw punya ps2 SCPH-90004. bios v2.30.
    gw dah coba install FMCB terbaru. cuman g bs booting dr mc.
    yg saya denger bios v2.30 lom bs kompatibel dengan FMCB.
    apakah bro punya ide lain…
    thanks…

  13. brotha, …
    PS2 punyaku sama yaitu : SCPH-9006
    apakah bisa running game memakai harddisk ?
    sebab sangat menghemat kerja optik PS2 nya
    kalo bisa, perlu apa aja ?
    terima kasih :)

  14. kak, boleh minta ga… heuheu…
    soalnya sya kurg expert soal gambar2an.
    kalo bis file cnf nya plus tutorial masangnya. n kalo bisa jga tulisan seth ps2 ama foto k’ diilangin, kn ga lucu tiap boot kluarnya gmbar kk’, heuheu…
    thx sbelumnya ya k’, kalo bisa dipenuhin, kalo ga bsa gpapa, heuheu…

  15. Bro….
    Gw mw nnya nih…
    gw pnya ps2 slim 90006 ntsc-j sm kyk pnya lw, trus uda gw instal fmcb plus aplikasi” elf yg gw btuhin dn udh gw set konfigurasi_a..
    Tp msalah_a napa ps2 gw kgk bs booting fmcb lgsg dr MC y, tp klo fmcb nya gw jalanin lwt cd ule bru bs??
    Trus MC gw, gw psang d ps2 fat pny tmen gw eh…malah bs booting tuh fmcb d ps2 fat temen gw…
    ps2 lw pny msalah kyk gw jg kgk bro??
    Mohon ptunjuk nya bro….

  16. bozz,,,w mw nnya nh,,,

    w punya masalah jg kyk si “36 kdash “,,

    w pnsaran banget nih…ko”gk bsa boot lngsung lewat mc….
    ps2 w jg tipe scph 90006…

    mhom jawabannya ya bozz

    • waktu boot ps2, ada logo FMCB kaga ?
      pastikan fmcb terinstall dengan baek, tandanya kalo boot ada logonya.

      kalo ini udah beres, tinggal set aja di config FMCB agar tiap boot FMCB langsung boot uLE

  17. gan, bisa dijelasin lagi tenteng cara config FMCB-nya, agar tiap boot FMCB langsung boot uLE. ane juga punya masalah yang sama dengan mas Riyan. udah ku install FMCB ke MCnya tapi masih belum bisa langsung boot. tanda-tanda yang dijelasin di atas sudah ada pada saat launch FMCB setelah terinstall. tapi kalau PS-nya udah di reset gak bisa boot lagi tuch.. PS ku scph 90006.

    • tapi sukses boot FMCB kan ? maksudna ada logo FMCB ?
      kadang memcard KW di indo rada2 problem booting di PS beberapa detik baru nyaut. jadi kadang boot pertama blom detect.

      eniwe, ku senidri sudah agak lama ga maenan PS2, meski masih ada barangnya dan masih boot FMCB. kalo ga salah ada ko’ opsi di FMCB (bongkar aja file config di PC pake notepad++) untuk autoboot file elf.

  18. mas kalo burn ulaunch.nya boleh di dvd aja ga? Cos kalo di cd takut optiknya rusak, hhe..,
    n klo instal game ps1 di fd trus pke usbadvance tu bisa maen ga y? N klo mau uninstal fmcb.nya gimana.?? N pas instal fmcb pilih yg normal ato multy? Thx, hhe, ps ane 90006

    • bisa aja sih dvd kalo mau. tapi waktu bikin iso buat cd sih, ga tau sama pa ngga :)) coba aja.

      keknya ga bisa game ps1 via usbadvance

      jalanin installer fmcb lagi, ntar ada pilihan uninstall, atau format memory card lagi
      (atau hapus folder2 fmcb di memcard)

      normal aja gpp, multi kalo mo dipake di beberapa mesin berbeda

  19. gan ane tu scph 90006 tapi gak tau suport kaga y sama freemcbot? Soalnya dips.nya dah gw cari gak ada date code.nya, hmmm, gmn y?

  20. mas saya dah sukses instal freemcbot.nya tapiiiii pas di launch/restart ga ada efeknya malah masuk k mc, apa harus diformat dulu yah mc.nya sblum di.instal? Apa ps.nya ga mendukung? T.T, btw emu snes ps2 yg bagus yg mana y? Thx

    • ada baeknya sih gitu.
      tapi kalo MC paslsu, mah kadang2 ps2 nyala 3 detik-an baru bisa nyambung jadi nyalain awal baisanya ga nyaut ke fmcb di mc. punyaku uag gitu. jadi kalo nyalain, abis gitu reset baru masuk fmcb.

      emu snes mending di PC. di ps2 ga bisa 100%

    • MC-ku sepertinya sepertinya sih gitu :)
      beli keknya dah 2 tahunan.

      yang lancar kayaknya NES. tapi beneran deh, emu mending di PC aja, atau ds/psp. lebih berkembang disana. di ps2 mati rata2.

  21. mc palsu y? Hmmm, mas ps2.nya belinya kapan emangnya?
    lahiya mas saya coba snes juga macet pas load rom.nya.., btw emu apa aja ya yg bisa slain snes? Hhe

Leave a Reply

