Calculator windows 7 yang lebih berisi di Vista


calcthumb

kalkulator, mungkin aplikasi yang sepele bagi sebagian orang, tapi dapat juga menjadi alat bantu penting dalam keseharian. dalam windows 7 preview yang diluncurkan micorosft beberapa saat lalu, aplikasi mungl ini mendapat sentuhan baru yang ditujukan untuk hampir semua orang yang menggunakan aplikasi ini.

jika dalam calclulator sebelumnya (hingga vista), hanya terdapat 2 mode, normal dan scientific, kini ditambahkan 2 mode lagi yaitu programmer mode dan statitics mode untuk para profesional do bidang tersebut. namun jangan salah juga, microsoft tidak mengabaikan pengguna awam dengan kumpulan “templates” yang dapat digunakan utnuk menghitung daya tempuh bahan bakar, biaya mortage, sewa dan gaji per jam.

berikut tampilan dari calculator bari di windows 7. baca hingga akhir post mengenai cara untuk mengganti calculator pada windows vista dengan calculator baru ini ^_^

Standard mode:
c-standardmode

Statistics mode:
c-statisticsmode

Programmer mode:
c-programmermode

Scientific mode:
c-scientificmode

Klik Options untuk melihat beberapa menu menarik lainnya.
c-optionsmenu

Date calculator memungkinkan untuk mengetahui beda waktu antara 2 tanggal:
c-datecalcduration

Atau menambah dan mengurangi periode waktu tertentu dari suatu tanggal:
c-datecalcperod

Ada juga unit converter loh ^_^ :
c-unitconversion

Tapi template lah dimana kasus-kasus kehidupan sehari-hari yang umumnya membutuhkan aplikasi spreadsheet dapat dilakukan hanya dengan calculator. berikut beberapa templates yang disertakan dalam calculator dari windows 7 preview:

jarak tempuh bahan bakar
c-templatesgasmileage

gaji per jam
c-templateswageest

biaya mortage
c-templatesmortgageest

biaya sewa
c-templatesleaseest

cukup canti bukan ^_^ apakah harus ganti ke windows 7 dulu untuk bisa makai aplikasi ini??? ehm… jawaban normal mungkin sih “YA”, tapi tentu aja kalo hanya sebatas calculator ga cukup alasan untuk ganti SO kan, isamping itu calculator ini tenryata juga bisa digunakan di windows Vista untuk menggantikan calculator yang lama (tidak dicoba di windows XP, jadi ga tau bisa atau ngga)

so begini caranya (asumsi pembaca mempunyai instalasi windows 7 preview):
1. di OS windows 7 kamu, browse ke dan copy [drive]:\[nama diretori windows 7]\System32\calc.exe
2. salin juga file [drive]:\[nama diretori windows 7]\System32\en-US\calc.exe.mui
3. replace file yang sama dengan kedua file tersebut di instalasi windows vista kamu ^_^

berikut paket file bagi kamu yang ga mempunyai instalasi windwos 7 (replace aja file bersangkutan di vista kamu dengan file yang disertakan)

catatan : kalo mau replace, jangan lupa bikin backup-nya dulu yah

download file

Advertisements

9 comments on “Calculator windows 7 yang lebih berisi di Vista

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s