Emulator Sony PlayStation, yang mana ?


sony-playstation439302aktif di forum game, terutama di pembahasan emulator, pertanyaan kek diatas sering banget ditanyain, selain karena mesin yang satu ini cukup populer, tapi juga karena banyaknya pilihan emulator console bikinan sony ini. sebut saja bleem! dan VGS di masa2 keemasan playstation. sleain itu juga ada emulator macam pcsx, epsxe, psxeven, andripsx, dan laen.

beberapa waktu lalu ku kembali mendapat pertanyaan yang sama, “bro setya, emulator yang paling bagus apaan?”. yah kira2 kek gitu lah pertanyaannya ^_^ kalo mo dijawab serius, agak susah juga. setelah sekian lama beda antar emulator kadang cuman dikit, banyak dari turunan/emu yang make plugin model psemu pro bisa dapat hasil yang hampir sama kalo pake plugin yang sama. banyak juga yang dah ga diupdate :D

eniwe, pilih 1 yang benar2 terbaik keknya ga mungkin, terutama kalo untuk nyaranin ke orang, karena selera bisa beda2. terbaik mandangnya ntar da beberapa. ada yang fokus ke speed dan bisa dimaenin di netbook / pc lama, mungkin ada yang lebih suka grafik PS1 yang kadaluarsa di enhance agar lebih menarik, atau yang ga terllau perduli dengan itu dan lebih memilih emulator yang akurat, yang benar2 mendkumentasikan hardware ps1 sebagaimana mestinya. dari berbagai pertimbangan, ku pribadi pegang 3 emu, espxe 1.7.0, psX, xebra/arbex. yang bisa digunakan sesuai kondisi.

 

EPSXE 1.7

terbaik untuk yang ingin enhance visual, tapi paling banyak problem kompabilitas diantara ketiga emu diatas. kalo game ga ada masalah (yang keliatan jelas dan mengganggu gameplay) di emu sini, ku rekomen pake ini.

emulator satu ini menggunakan metode plugin untuk masing2 komponen selain core hardware PS. cara paling mudah untuk enhance visual adalah dengan menggunakan plugin video yang mendukung akselerasi / penggunaan VGA untuk proses rendering. mungkin yang paling sering digunakan adalah koleksi buatan Pete (karena itu namanya pete’s bla..bla..bla..). dengan menggunakan plugin yang mengandalkan directX maupun OpenGL, game PS1 dapat dirender pada resolusi yang lebih tinggi dan menggunakan berbagai filter untuk meningkatkan kualitas visual game.

peteogl2untuk tampilan wah dan jika vga mendukung openGL2, ku sangat menyarankan untuk menggunakan plugin pete’s openGL2.9 untuk yang baru make biasanya juga bakal pusing ama setting plugin untuk visual yang sesuai (dan ga justru merusak), nih setting yang ku pake. kadang perlu disesuaikan dikit untuk game yang berbeda. tapi secara umum setting seperti pada gambar. tampilan game, terutama 3D jadi lebih halus.

untuk yang vga ga mendukung openGL 2, misalkan pada vga onboard baik, bisa menggunakan plugin directX atau openGL. kalo visual bermsalah pake vga (glitch, dll), bisa fallback juga ke softrenderer (tekan F7 waktu maen)

berikut ini contoh tampilan game menggunakan setting diatas (ku sengaja ga enhance terlalu berlebihan agar ga justru merusak / penuh glitch di tampilan).

Capture Capture2Capture5

berikut perbedaan tampilan yang dienhance dengan softrenderer internal epsxe 1.7 (softrenderer epsxe ga pake filtering sama sekali).

Capture3  Capture4

epsxe sudah cukup lama (sekitar 2 tahun) tidak mendapat update. epsxe 1.7 dapat didownload melalui site espxe.com, sedangkan koleksi plugin Pete dapat didownload melalui site pribadinya pbernet.com

 

psX

untuk yang ga terlalu perduli ama enhance visual atau akselerasi vga, emulator yang satu ini cocok untuk kamu. kompabilitas game lebih baik daripada epsxe, paling tidak untuk era epsxe 1.5.2 dan 1.6, update psX terakhir keluar sekitar waktu itu. jika dibandingkan dengan epsxe 1.7 mungkin sama / tidak terlalu jelas perbedaan, tetapi beberapa pihak yang tidak terlalu perduli dengan enhance dan sistem plugin masih lebih memilih psX untuk kompabilitas yang lebih baik. karena mengunakan software renderer untuk grafik, paling tidak untuk urusan render grafik cenderung cukup akurat dan terbebas dari glitch/error di grafik. selain itu ga perlu vga bagus dan dapat berjalan di netbook / pc lama dengan lancar.

softrenderer psX menambahkan filter biliner, sehingga tampilan game menjadi sedikit lebih halus jika dimainkan di layar monitor. untuk yang punya fasilitas tv out di vga, maen pake tv lebih asyik loh :)

Capture10

psX juga sudah cukup lama tidak diupdate oleh authornya. emulator ini bisa didownload melalui => psxemulator.gazaxian.com

 

XEBRA/ARBEX

mungkin sebagian besar masih asing dengan nama emulator ini, tapi jika ingin mendapatkan emulator playstation yang paling akurat (diantara semua yang ada saat ini), Xebra/Arbex adalah emulator yang menjadi pilihan no 1.

author dari emulator ini adalah dr. hell dari jepang. awalnay xebra/arbex adalah project dokumentasi hardware yang kemudian berkembang menjadi emulator penuh.

kadang ada yang tanya, “apa sih beda emulator yang akurat dan ngga ?”. karena tujuan emulator adalah “pura2” atau meng-emulasikan hardware tertentu, kalo emulator di code akurat sebagaimana hardware itu bekerja, bisa didapat replika/salinan hardware yang sama persis dalam bentuk software. makin akurat, aplikasi yang berjalan diatasnya tentu akan berjalan sebagaimana layaknya di mesin asli, tanpa masalah. tapi juga kurang tepat kalo dibilang xebra/arbex 100% sama dengan hardware asli (kemungkinan software 100% sama hampir mustahil, disamping kalo benar2 ngejar akurasi 100% akan sangat berat di pc) tapi tujuannya adalah untuk sedekat mungkin.

jadi untuk kamu2 yang ingin merasakan playstation secara utuh dan lebih mendekati mesin aslinya, xebra/arbex adalah emulator yang aku saranin, terutama untuk mencoba game2 yang mungkin bermasalah di emulator lain. sama seperti psX, xebra/arbex tidak melakukan enhancing pada grafik dan sekedar memberikan filter untuk menghaluskan sama seperti psX. berikut tampilan xebra/arbex.

Capture11

untuk saat ini, ku lebih menyarankan xebra/arbex dibandingkan psX, tetapi mungkin bagi beberapa orang, kelemahan xebra/arbex adalah user interface yang kurang bersahabat. berikut ku beri beberapa yang harus diperhatikan.

Perbedaan :
Xebra/Arbex adalah 2 emulator dalam 1 set. perbedaan keduanya adalah ada fungsi2 yang ada pada bios.
Xebra => membutuhkan bios PS1
Arbex => tidak membutuhkan bios PS1, fungsi2 bios sudah diemulasikan.

Cara main :
-buka Xebra/Arbex
-file->open->cd-rom image (lebih rekomen maen pake disc image)
-run ->run1/2/3 (rekomen pake run 2, recompiler 1 pass –  penjelasan dibawah)

ganti ukuran window / fullscreen
untuk ganti ukuran window, rubah dulu width (lebar) di view->witdh, pilih salah satu. lalu rubah height, disarankan untuk langsung pilih 16:12 (4:3) untuk dapat ukuran dengan rasio yang tepat.
untuk fullscreen dapat langsung dipilih melalui view->fullscreen

ganti / swap disc
-run -> open shell (nih emulasiin buka tray / tutup disc ps1)
-open-> cd-rom image (kalo pake disc image)
-run -> close shell

Perbedaan antara mode ‘run’
-run1 (interprete) => menggunakan mode interprete
-run2 (1pass) => menggunakan mode recompiler dengan analisa 1 pass
-run3 (2pass) => menggunakan mode recompiler dengan analisa 2 pass

interprete => code dianalisa dan diterjemahkan ke bahasa code yang dapat dimengerti aplikasi tujuan ketika dijalankan. lalu code terjemahan dibaca oleh aplikasi interpreter kemudian dijalankan. anggap kalo lagi nerjemahin tulisan pake bahasa asing, cek pake kamus diterjemain perkata/baris. setelah itu dibaca lagi

compiler => code dianalisa lalu di compile jadi binary file yang dapat dijalankan langsung oleh mesin tujuan. untuk run 2(1 pass) analisa hanya 1 pass/sekali. untuk run3(2pass) analisa dijalankan 2 kali.

interprete vs compiler :
Karakteristik Compiler
-menghabiskan banyak waktu untuk analisa dan proses progam
-menghasilkan binary / executable spesifik mesin tujuan
-hardware menjalankan code/binary akhir
-eksekusi cepat
Karakteristik Interpreter
-menghabiskan sedikti waaktu untuk analisan dan proses program
-menghasilkan code
-code hasil di interpretasi oleh aplikasi lain (interpreter)
-eksekusi cenderung lambat

Perlu diingat :
selalu simpan image memorycard sebelum menutup Xebra/arbex
-file ->save ->save memory card 1/2 image
keterangan => BU00 (memory card 1), BU01 (memory card 2)
kedua file diatas adalah memory card yang secara otomatis akan diload xebra/arbex saat dijalankan. untuk memakai memory card lain, bisa melalui
-file –>open ->memory card 1/2 image

Dimana dapatin versi terbaru?
http://drhell.web.fc2.com/ps1/
-scroll ke paling bawah, klik image emu xebra/arbex

Advertisements

89 comments on “Emulator Sony PlayStation, yang mana ?

    • lain kali jangan download eboot, itu game PS1 yang dah di pack untuk dimaenin di PSP.
      download disc image PS1 yang ga diotak atik, img/ccd atau bin/cue

      kalo dah terlanjur, buka kembali tuh eboot pake apikasi namanya PSX2PSP, buat extract lagi image asli dari eboot

  1. tanya bro,, aq hbs download psx Grand turismo 2 Simulation mode,
    gmana cara maeninnya di epsxe v1.6? sedangkan downloadanny tuch ada 3 file
    dengan format :

    *.ccd
    *.sub
    *.ecm

    gmana biar bisa dimaenin??mhon bantuannya,,
    leutnen@yahoo.co.id makasih,,,

    • tegrantung plugin dan settingnya.
      kalo ngag bsia nagatur dan dapat kombinasi yang sip, malah ancur :))

      tuh dah aku kasih steting kalo pake plugon pete openGL2 utnuk hasil yang lumayan bagus

  2. Nanya neh bro…
    saya pakai epxse 1.7 nih trus mainin Tales of Destiny II
    setingan nya yg pas gmana yah soal nya suara percakapan nya patah2 gtu mcam org gagap sama kadang ngelag gtu gambarnya.

  3. gan mau tanya donk……
    kalau cara setting graphics (settingan buat gambar jadi lebih bagus) ePSXe pake vga on board gmn y???PC blm ada vga cardnya…hehehe
    mohon infonya

    • karena dari 3 itu cuman epsxe yang nyediain enhance visual :)
      jadi kalo mo maen dengan resolusi lebih tinggi misalnya, pake shader aneh2, sebaiknya pilih epsxe dan pake plugin video openGL2.
      tapi kalo cuman pengen sekedar maen dengan visual yang udah cukup kek ps1 normal, ambil psX atau xebra/arbex (yang ini lebih akurat dan kompabilitas lebih baik daripada epsxe ataupun pSX)

  4. gan psxe 1.7 kok ga bisa njalanin file ISO ya?
    tpi pas pk cd nya malah bisa???
    ini apanya yg salah? software yg buat ISO nya kah?
    (saya ISO sendiri pke NTI)

    trus klo psx v1.13, biar suaranya ga pecah kudu di gimanain settingannya?

    • dari menu FIle >> Run ISO, trus pilih image yang mo dipake

      sebaiknay ga bikin file format ISO, tapi bikin bin/cue atau ccd.
      pake imgburn aja gratis dan bagus

      psx ga banyak yang bisa di set. sebaiknay biarin default, tapi bisa masuk config dari menu kalo mo rubah. sound biarin aktif semua ;)

  5. Gan ane donlot psx yg v1.13 kuq gk bsa dipke ya,ad psan kya gni “The program can’t start because d3dx9_26.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem”.
    Mhon pncerahannya,.

    • keknya ga ada epsxe 1.79 :)

      eniwe, coba bikin ulang image-nya (atau download lagi dari sumber yang berbeda)
      atau coba tes pake emulator laen dulu (pSX). memory card bisa dituker2 ko’, jadi bisa langsung dilanjutin.

  6. bro setya.. aku maen CHRONO CROSS game PS..
    gua pakai EMU ePSXe 1.7.0

    sewaktu ganti disk 2 dia gak bisa baca..
    pernah baca juga di beberapa forum, harus menggunakan ePSXe 1.5.2
    lantas.. saya download ePSXe 1.5.2. kemudian diextract, tetapi alhasil isi dari RAR tersebut hanya berisi launcher dan aplikasi..tidak termasuk BIOS dan plug in. jadi tidak bisa running ISO ataupun DISC ROM.

    apakah ada solusi untuk saya ??
    mohon pencerahannya ya bro.. TERIMA KASIH !

  7. mw nanya ni gan ..ak maen harvest moon pk epsxe 1.7 ko’ waktu ku exit gamenya ,suaranya ga’ mati idup terus ga’ brenti2 ? Apa masalahnya ya atu settingnya,tlg bantuanya

    • laen kali kalo mo matiin, tekan esc dulu, trus exit dari menu emulator. jangan langsung tekan tombol X di layar emulasi, itu matiin displaya aja :)

      kalo dah terlanjur, matiin espxe.exe dari task manager

    • sama kek maen di PS beneran, save via menu dalam game.

      Perlu diingat :
      selalu simpan image memorycard sebelum menutup Xebra/arbex
      -file ->save ->save memory card 1/2 image
      keterangan => BU00 (memory card 1), BU01 (memory card 2)

    • selalu di tempat yg sama?
      mungkin masalah ama image game-nya.
      atau coba cek kli dah ada update xebra, coba yang arbex, atau tes emulator laen klo merasa masalah di xebra/arbex

  8. stu lg gan kl maen pk xebra/arbex kl pk maen pk stick ko’ lama2 lampu layar mati at kluar scrensaver gi mna tu ngatasinya ?

  9. ya maksud saya maen multiplayer 2 orang !!! Ak ad game metal slug super vehicle 001 seharusnya game ini bsa maen 2 orang tp ko’ bsa ,ak dpt dr download yg berukuran 170 mban dan ak ad download yg 20 mban smuanya ga’ bsa multiplayer ,tlg dong gan cri kan yg bsa multiplyaer ,dah bingung ak udh banyak situs roms ku kunjungi ga’ ad smua !!! Tlg ksi linknya kl bsa ? Thanxs

    • ndak pernah maen game itu di PS dan ga punya.
      pernah maen sih yang di arcade (cari rom arcadenya, trus maen bis apake mame atau final burn alpha)

      btw, di emu ps udah di set controller untuk player 2 ?
      defaultnya masih kosong.

      aku dah coba maen 2 player ngga ada masalah (di game laen, ku ga punay game yang kamu maenin itu)

  10. ya maksud saya maen multiplayer 2 orang !!! Ak ad game metal slug super vehicle 001 seharusnya game ini bsa maen 2 orang tp ko’ ga’ bsa ,ak dpt dr download yg berukuran 170 mban dan ak ad download yg 20 mban smuanya ga’ bsa multiplayer ,tlg dong gan cri kan yg bsa multiplyaer ,dah bingung ak udh banyak situs roms ku kunjungi ga’ ad smua !!! Tlg ksi linknya kl bsa ? Thanxs

    • kalo mo ngubah2 pengaturan semua ada di menu view, tapi sebaiknya biarin setting yang ada tetep default aja.
      user interface emang agak kurang bersahabat nih emu :))
      kek psX nih emu, ga butuh bnayak setting dari user (ga kek epsxe)

      paling ganti2 controler aja untuk disesuaikan, atau resolusi (kalo maen windowed mode. kalo biasa suka ufllscreen sih biarin aja langsung fullscreen

  11. udh bsa 2 player gan !!! Udh tau cranya ak kira ga’ bsa utk maen 2 player ….,kl maen ama emu xebra/arbex utk maen yg filenya sampe 700mb bsa ga’ gan ?

  12. Om, ini kan udah review emulator PSX, Wii (gamecube), PS2, gimana klo ngereview emulator Dreamcast jg, generasi skarang kan blm pernah ngerasain kerennya game2 Dreamcast :D

  13. mas,sebenernya kalo maen emulator psx kaya gini ngerusak laptop ga sih?soalnya aku main game game macem fifa 12/pes 2012 lebih adem ketimbang main di emulator…mohon pencerahannya ya :)

    • emulator emang lebih maksa cpu :)
      ya dijaga aja kalo terlalu panas terlalu lama ga baek.
      laptop emang cenderung lebih panas.

      btw, kalo sampe deket2 90 derajat atau bahkan lebih, tanda2 laptop yang perlu diberesin tuh, mungkin area fan udah berdebu atau thermal paste cpu kering :D

  14. Permisi Om,
    Mau tanya nih, saya kan pake emulator ePSXe 1.7.0 main di laptop yg VGAnya masih Intel 945. Terus setting Video ke OpenGL2 2.9. Tapi ga bisa ada tulisan “Missing Framebuffer Object Extension” waktu nge-Load ISOnya sedangkan klo pake D3D DX6 lancar jaya.
    Kira-kira kenapa ya??

    Makasih sebelumnya :)

    • kadang run awal agak lama (nge cache kode game yang mo dijalanin dulu).
      tapi kadang tergantung mesin juga. jadi kalo run recompiler 1 pass emang ga jalan2 di kamu, bisa alik epsxe aja kalo disana ngga bermsalah tuh game

  15. gan mau tanya, ane download sd gundam G generation, dimaenin di epsxe 1.7.0 kok dari awal udah ga kebuka ya gan, ane pusing banget nih ngotak ngatiknya. please kasi tau, mau maen banget nih

      • klo disc image udah bener, mungkin masalah di setting emulator. coba set ke standar semua dulu, termasuk plugin video (epsxe emang banyak setting sih).
        ama coba di emulator laen kek pSX (ga pake banyak setting).
        klo di emu laen jalan, mungkin maslah kompabilitas emu aja

  16. gan ane kan donlot game digimon 3 pas di ekstrak keluar EBOOT.PBP nah ane uda pke PSX2PSP convert eh malah harus ke windows disc image burner.. nah disitu buntu gan.. klo donlot yg ga pke paketan PSP buat digimon 3 untuk PSX dimana gan donlotnya? di bantu ya gan..
    ane masih newbie.. ^^ hhhe

    • udah jadi .pbp bisa diextrak ko’ pake psx2psp, tinggal dibalik langkahnya. ntar jadi disc image.
      sebaiknya emang klo untuk psx, cari yang masih murni disc image (sebaiknya yang .img atau .bin/.cue)
      coba cari indowebster. dah banyak host/site luar yang tutup sekarang :)

  17. caranya ganti format .img ke .bin itu gimana?
    saya download game tomba 2 tapi formatnya malah .img
    biasanya kan setelah di unecm langsung .bin

  18. mang maen bishi bashi spesial di epsxe 1.7 tidak bisa multiplayer?????

    setting game pad sudah,,tetap tidak bisa maen berdua….
    mohon penjelasan….

    help me please….

  19. gan,ane download toca – world touring cars championship di emuparadise. karena filenya ecm ane unecm,berhasil sih,cuman pas ane mainin tuh game kok emunya tiba2 teclose gan… ada solusi ?

  20. gimana cara main suikoden 2 di emulator psx v1.13 biar gak macet gambarnya? masalahnya, tiap ada short film nya n waktu lawan mist monster, gambar langsung macet, sound nya sih normal. itu kenapa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s