Final Fantasy X via PCSX2 Emulation


ffxFinal Fantasy X, salah satu judul game PS2 dari seri RPG Squaresoft (sekarang SquareEnix), mungkin merupakan salah satu alasan banyak orang penasaran dengan PS2 dan ingin memainkan game ini, terutama via emulasi PCSX2. sering banget ku dapat pertanyaan mengenai game ini dan bagaimana pengaturan optimal Final Fantasy X untuk PS2. dalam 2 hari ini aja ada kali 5 pertanyaan tentang hal ini di forum.

pertama yang perlu diingat, meski perngaturan ini bertujuan untuk memaksimalkan performa yang didapat saat memainkan game Final Fantasy X melalui emulasi, tetapi hasil spesifik akan bervariasi tergantung dari versi PCSX2 dan plugin yang dipakai, area didalam game (ada bagian yang lebih ringan, ada juga yang lebih berat) serta spesifikasi teknis hardware yang digunakan. untuk mengetahui / melakukan analisa pribadi hardware kamu kuat atau ngga (atau cari tau, CPU atau VGA kamu yang bikin lambat) bisa baca2 postku yang sebelumnya.

untuk artikel ini, ku menggunakan PCSX 0.9.8 official release dari tim pcsx2, yang bisa didownload langsung dari site pcsx.net atau mirror yang kusediakan via mediafire. semua plugin yang digunakan default dari bawaan paket rilis ini.

Final Fantasy X, adalah game era awal PS2 yang tidak terlalu membebani hardware PS2, sehingga game ini sebenarnya cukup ringan (jika dibandingkan dengan game PS2 lainnya) untuk diemulasikan melalui PCSX2. CPU generasi core 2 duo 2.0+Ghz dapat menjalankan game ini dengan nyaman hampir disemua bagian game dengan mengandalkan beberapa speedhack. dari segi kebutuhan GPU, GPU onboard intel sebenarnya sudah cukup untuk proses GS via hardware mode atau jika diperlukan via software mode CPU, tetapi lebih direkomendasikan minimal GPU diskrit (addon) yang mendukung DX9/10/11 untuk DX hardware mode.

berikut ini pengaturan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan performa FFX di pcsx2

emulation setting => speedhack

ffxspeedhackpengaktifan speedhack seharusnya didasarkan dari kebutuhan, jika emmang tanpa speedhack PC kamu udah mampu untuk mendapatkan performa yang memuaskan, sebaiknya penggunaan speedhack dihindarkan, karena dapat menurunka kompabilitas dan makin tinggi resiko error/glitch yang mungkin muncul. berikut adalah daftar speedhack yang dapat diaktifkan untuk FFX.

  • INTC spin detection : tidak ada permasalahan yang diketahui. disarankan untuk aktif
  • wait loop detection : tidak ada permasalahan yang diketahui. disarankan untuk aktif
  • mVU flag hack : sejauh ini tidak ada permasalahan yang diketahui (untuk final fantasy X). disarankan untuk aktif
  • mVU block hack : sejauh ini tidak ada permasalahan yang diketahui (untuk final fantasy X). dapat diaktifkan jika memang memerlukan tambahan performa (tim pcsx2 tidak menyarankan untuk slelau mengaktifkan hack ini secara general)
  • EE cyclerate : seperti yang kutulis pada post seelumnya, EE cyclerate melakukan downclock pada emotion engine (CPU PS2). dengan clock yang lebih rendah, resource yang dibutuhkan untuk emulasi lebih rendah pula. Final Fantasy X sendiri bukan game yang terlalu hardware demanding pada ps2, sehingga cukup aman untuk melakukan downclock EE. tidak diketahui (mungkin terlalu kecil) permasalahan yang dapat timbul menggunakan speedhack ini pada FFX. disarankan untuk mengaktifkan hack ini jika memang diperlukan (%EE selalu/hampir 100% dan mendapat kurang dari 60 fps). untuk PC dengan CPu yang bisa mendapat performa diatas 60 fps, disarankan untuk tidak mengaktifkan hack ini
  • VU cycle stealing : sebenarnya hack ini tidal terlalu direkomendasikan, karena berpotensi besaar menimbulkan permasalahan / glitch. cara kerja VU cycle ctealing adalah dengan melewati / skip ekseskusi kode VU1 (VU1 adalah prosesor PS2 yang berhubungan dengan transformasi grafik dll), sehingga beban kerja CPU menjadi lebih sedikit dan bisa mengerjakan hal lain. secara otomatis pcsx2 akan mendapat performance boost. VU skipping juga secara otomatis akan melewati proses rendering frame untuk proses yang dilewati. hack ini memiliki efek yang berbeda2 untuk game yang berbeda, beberapa game tidak masalah dan memiliki eprformance boost yang tinggi, sedangkan yang lain dapat bermasalah. aktifkan opsi ini hanya jika benar2 perlu, untuk final fantasy X, cukup aman untuk set Vu cycle stealing pada mild (2) atau medium (3).
  • frameskip  terletak pada opsi emulation setting => GS. opsi ini berfungsi untuk melewati rendering frame, sehingga dapat meringakan kerja proses GS. opsi ini hanya disarankan jika memang diperlukan untuk meringakan kerga GPU/VGA dalam proses GS. misalkan pada kasus % beban EE ringan (jauh dari 100%) sedangkan beban GS telah mendekati 100%. opsi ini TIDAK perlu aktif jika pada speedhack telah mengaktifkan opsi VU cycle stealing. karena jika VU stealing aktif, otomatis juga akan melewati rendering dari proses Vu yang dilewati. (perbedaan mendasar frameskip dan VU stealing. frameskip meringankan VGA / proses GS. sedangkan VU stealing meringankan kerja CPU pada EE dan memiliki efek yang serupa untuk VGA/prosesGS)

GS plugin => GSDX

ffxgsdxuntuk game ini (dan pcsx2 secara umum) ku lebih menyarankan penggunaan plugin GSDX untuk memanfatkan directX, baik secara software maupun hardware (jika didukung oleh VGA). *penting untuk diingat, agar melakukan update directX redist terbaru

  • renderer : gunakan directX hardware mode sesuai dukungan hardware VGA card kamu, directX10/11 lebih disarankan dibandingkan DX9 untuk mendapat hasil yagn lebih baik. software mode dapat digunakan jika mengunakan VGA onboard dan cpu yang kuat untuk mengatasi proses GS. jika mengunakan prosesor dengan core lebih dari 2, dapat menggunakan software mode untuk menambah jumlah thread GS dan memanfaatkan semua core CPU (secara default, pcsx2 menggunakan 1 thread untuk EE dan 1 thread untuk GS). pada saat bermain, user dapat berpindah antara hardware mode dan software mode dengan menekan tombol F9 pada keyboard
  • interlace mode : biarkan default “none” tidak dibutuhkan untuk game ini
  • D3D internal resolution : set ke native. jika di set ke resolusi yang berbeda (lebih tinggi) bisa meningkatkan kualitas visual 3D, tetapi khusus untuk FFX, dapat menimbulkan permasalahan teksture yang “kotor”, terdapat garis2 yang menggangu terutama pada teks. hal ini terjadi karena texture diletakkan tidak tepat, jika tidak menggunakan resolusi internal FFX. jika hardware/vga mendukung dan tidak keberatan dengan gangguan, bisa dinaikkan. tetapi perlu diingat penalti performa juga cukup besar, tidak disarankan untuk pengguna VGA onboard
  • rendering thread : hanya berlaku untuk software mode. bisa ditingkatkan hingga sbeanyak jumlah core CPU (-1 untuk EE) untuk hasil maksimal.
  • skipdraw hack : hack ini penting untuk FFX. set nilai menjadi 1 untuk menghilangkan / memperbaiki permasalahan rendering pada battle dimana terdapat bayangan / blur aneh pada tiap objek. untuk memunculkan opsi hack, cari gsdx.ini pada folder pcsx2/inis dan tambahkan baris berikut ini “allowHacks=1”
  • HW AA (hack) : enable hardware antialiasing menggunakan hardware (GPU) untuk mendapatt rendering 3D yang lebih halus/minim jaggies. tidak disarankan untuk aktif karena membebani GPU/VGA card dan menimbulkan permasalahan texture “kotor” (meski lebih minimal) seperti jika mengunakan pengaturan D3D internal setting yang berbeda dengan resolusi native. aktifkan hanya jika memiliki hardware yang mendukung.

selamat menikmati FFX via pcsx2 :) kalo ada pertanyaan lebih lanjut atau ada yang kurang jelas, silahkan post komentar disini, post di thread yang sesuai di subforum emulator gamexeon / thread emulator kaskus atau follow twitter @setya5785 ;)

Advertisements

57 comments on “Final Fantasy X via PCSX2 Emulation

    • bisa, tancapin aja gamepad ke pc sebelum jalanin pcsx2. abis gitu set biasa di lilypad (di setting plugin pcsx2), sama kek ngeset kalo di keyboard, cuman tiap tombol set ke tombol di gamepad

  1. kok maen harvest moon q beratt pdhl udhh q pke speed hack
    apa laptop.nya kali, saya pke lpt Axio neon MNN intel core 2 dou p7370 2.00 ghz Ram 2 GB,… Vga Nvidia geforce 105 M Vram 512..apa ada yg salah cara setting.nya

  2. apa emulasi FFX seberat emulasi Tekken 5?
    di saya tekken 5 berat, seperti slomo. padahal udah masuk ke point 6 untuk speedhack.
    dragonball z budokai 3 sih cukup ok.

    • tekken emang berat. FFX termasuk game yang cukup ringan di pcsx2.
      kelas core2duo 2.5GHz dah cukup untuk dapat lancar. kalo dirasa ga lancar bisa pake opsi2 yang aku sebut di post untuk lebih memperingan emulasi dengan resiko minimal di FFX.

      • i c…thanks
        spek pc saya core2duo 2,2 + nvidia 9800gt, nanti nyoba kalo nemu gamenya :D. susah juga nemu game2 lawas, yang ada di toko palingan FF 12.

  3. saya coba maen ff, setingannya udah kayak yang disaranin disini, tp masalahnya tetep sama, pas abis scene, layar jadi gelap dan ga nyala lagi. ada suara doang tapi stuck ditempat. itu kira kira masalahnya apa ya??

    • pake versi 0.98 resmi ?
      bisa jadi masalah disc-nya tuh, coba tanpa speedhack sama sekali. reset semua ke default, kalo masih problem, emang kemungkinan image/disc

      • iya kok yang resmi, kan udah liat” diforumnya, katanya disuruh ke menu config –> advance trus ganti “clamp mode” nya ke normal. tp kok ga ada ya menu config–> advance??

  4. harvest moon save the homeland saya tampilannya lambat saya menggunakan pcsx2 0.9.7 pakai notebook, Intel Pinetrail N455 1,66Ghz dengan RAM 1 GB DDR3 , VGA 256 MB 32 bit, jika agan-agan punya solusi mohon di share ke ane lewat emailku: suhanda77@yahoo.com

    • pake atom dengan core slock terlalu lambat untuk make emu PCSX2. ditambahlagi vga onboard atom yang lemah. sebaiknya sih diurungkan. dan maen emu yang laen aja.
      bisa coba ps1 aja, masih lumayan kuat kalo untuk itu

  5. gini gan aku kan beli kaset DVD game PS 2 BLACK RPG..
    knapa setelah di coba berjalan baik2 saja setelah udah memainkan gamenya…..videonya ga jelas….knpa gan aq butuh penjelasanya.??
    ato mungkin ada pengaturan yg blum di set lgi..
    spesifikasi laptop saya..
    -CPU core i5 2.50 Ghz.
    -Ram 2 GB
    -VGA HD 5650 1 GB..
    trimakasih….

    • coba set GSDX ke native atau set ke software. ada perubahan ga ?
      ini udah pak e0.9.8 resmi ?
      kalo masih ngga sukses juga, balikin setting ke default (matiin smeu aspeedhack), dah/atau coba juga SVN build terbaru

  6. Permisi, mau tanya nih

    mau main ffx pake pcsx 0.9.8

    spec pc:
    core 2 duo e7500 2.93ghz (stock)
    ram ddr2 800 2x2gb
    geforce gt 240 yang ddr3 1gb

    bisa 99% di 60fps nggak yaa

    rencana mau di run di hdd baru, os baru instal, driver2 semua up to date, gmana nih??

    makasih

    • harusnya jalan dengan lancar pake guide setting yang aku kasih.
      dan/atau sekalian download SVN build terbaru yang udah ada MTVU hack, bakal ada peningkatan kinerja lagi kalo diaktifin (jadi ga perlu pake hack EE cyclerate+VU stealing) di CPU kamu

  7. Permisi agan Setya, sebuah panduan yg cukup bagus untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan pcsx2 :D sangat bermanfaat menurut saya gan,hehe. Saya mau menanyakan sesuatu nih gan. jadi ketika saya memainkan game PS2 seperti Wild Arms 3, Final fantasy X, Devil may cry 3 itu emulator saya tidak bisa menghasilkan fps yang optimal (10 – 30 fps) tapi beban EE dan GS saya sama sekali tidak mendekati 100% (kisaran 30-40% gitu utk EE dan GS biasa dibawah 20%), yang menurut artikel agan sebelumnya berarti saya masih bisa meningkatkan performa emu saya bukan? akan tetapi saya masih bingung bgaimana karena saya sudah mencoba brbagai variasi setting speedhacks maupun yg lainnnya dan hasil fps masih tetep dibawah standar. Apakah mungkin karena spek milik saya yg belum mencukupi? spek saya :

    Intel core i3 2.4 GHz
    RAM 2GB
    VGA ATI Radeon HD 5470 1232 MB

    Gmn ya gan?apakah bisa ditelusuri?Terima kasih :)

    • itu laptop yah ? harusnya performa ga jauh beda ama laptop yang aku tes diatas. paling ngga FFX bakal lancar pake setting diatas.

      wild arm ama DMC ga bisa janji, keknya agak berat diabndingkan FFX. tapi mungkin dah bisa deket2 playable
      coba pake setting diatas sama persis untuk FFX hasil gimana ?
      *pake PCSX2 official 0.98

      oia, bisa juga mulai pake PCSX2, SVN build yang baru, yang udah include MTVU hack (thread VU1 dipisah dari EE, jadi bisa lebih maksimalin cpu)
      di FFX ku kerasa peningkatan hingga 40-50%

      coba download build terbaru dari http://buildbot.orphis.net/pcsx2/ (ini offical daily build dari pcsx2)
      pake setting hampir sama kek yang aku post tapi ditambahin aktif MTVU speedhack.
      EE cycle rate ama VU stealing pertama coba nonaktif dulu.

    • mo nambahin jg, dulu kebetulan search2, emang bener klo bebannya blm max teoritisnya harusnya bs lebih cepet performanya (karena brarti beban kerja blm max), tp yang harus diingat, emulasi PS2 ini sendiri sangat kompleks, Emotion Engine Sony ini termasuk unik karna dia desainnya MIPS, dan dalam setiap Emotion Engine terdapat 2 VPU, 1 GIF, DMA 10 channel, memory controller, IPU, dan in/output interface, bandingkan dengan procesor arsitektur x86 (yang dipake di PC) yang lebih sederhana, makanya di game2 yang cenderung lebih baru dan kompleks, emulasinya gak sempurna, makanya biarpun beban kerja emulasinya cuma 30% tapi kalau emulasinya gak sempurna, mainnya jg gak bakal nyaman -.-,.

      Dan juga emulasi di PCSX2 lebih fokus ke single-thread (maks dual-thread), desain programnya gak dirancang buat multicore processor, tp lebih ke prosesor yang kenceng, sebaliknya pembuat prosesor sekarang condong ke desain multi-core/multi-threaded, makanya biarpun prosesor intel core i3 2,4Ghz yang ada di laptop rasanya udah sangat mumpuni, buat emulasi PCSX2 sebenarnya masih terasa kurang, karena dia lebih prefer prosesor dengan speed yang tinggi, ada tuh Tekken 5 dijalanin pake prosesor 4Ghz, di youtube, itu aja masih terasa lambat

      • yup, desain hardware ps2 emang cukup kompleks.
        dan karena beda arsitektir, jadi semua diemulasiin via software, emang cpu jadi kerja keras.
        clock tinggi emang penting, tapi penting juga pake prosesor dengan eksekusi intruksi per clock yang cepet dan efisien.
        intel sandy bridge 3GHz bisa bikin phemon II 4.2GHz nyerah ko’ ;))

        tinggi2 juga ga penting2 amat, kebanyakan kasus 3GHz core2 duo atau phenom II dah cukup, dengan catatan speedhack aktif.
        speedhack dan optimasi masih perlu. kalo mo maen tanpa speedhack, rasanya blom ada cpu yang mampu untuk semua game ps2 (dalam kondisi pscx2 saat ini). bahkan di sandy bridge ku 4.5GHz, meski hampir semu agame bisa aku lempar tanpa speedhack, masih ada beberapa, kek sahdow of the colossus, yang harus aku aktifin minimal vu stealing naekin 1 poin bir ditas 60. di intro (bagian paling berat klo ga salah), tanpa speedhack sama skeali cuman dapat 50an, begitu vu stealing on, jadi 2x lipat.

  8. Gan..aku uda coba download game FFx ny dari sinihttp://gratisdownloadgame.blogspot.com/2012/01/free-download-game-final-fantasy-x.html ,stlah di unrar smua partny..trus bingung mw mulai dri mana ge..soalny bhsany aneh2..tlong dikasi ptunjuk ya gan..sya masih baru dalam hal2 gini… klo bsa tlong dunk kasi tw link yg bgus tuk download FFXny…trims sblumny….

    • yang dibingungkan mulai dari mana ?
      kalo mulai emulatornya
      1. download pcsx2 dari pcsx2.net, ambil 0.9.8 yang windows binary, trus extract di folder man a terserah
      2. jangan lupa directX update ke redist terbaru (juni 2010), coba googling kalo bingung
      3. jalanin pcsx2 (biarin setting default dulu aja), trus jalanin game. pertama2 ke iso browser dan pilih image ffx kamu. trus dari menu file, pilih fastboot

      kalo yang dari blog yang kamu sebut, udah di paket ama emulatornya (keknya), ko’ pake setup2 segala :)
      lebih enaknya sih download image (ISO) ps2nya aja yang blom diot-akatik, ato bikin sendiri dari disc ps2 kamu (kalo punya).
      emulator ambil dari pcsx2.net (yang ku sebut atas)
      kalo download disc image/ISO, coba cari di indowebster aja, hosting lokal yang masih eksis.
      banyak kalo dari luar host udah ilang sejak banyak filehost tutup beberapa waktu lalu.

      ato kalo mo pake yang udah kamu download tadi, keknya tinggal jalanin setup.exe aja deh

      edit:
      abis liat screnshot di link yang kamu kasih, keknya itu versi internasional yang rilis di jepang dan asia, default teks jepang. kalo mo pake teks inggris, awal2 maen game harus pilih inggris. cuman ku lupa urutannya, coba baca walkthrough untuk FFX internasional di gamefaq

  9. mo nanya mas,, pas saya main FFX lancar pas dari awal.. tp pas begitu scene dimana auron nunjukin ke tidus bola air yg gede itu tiba”freeze trus muncul pesan “IPU1 Normal Error!”

    kira2 dmna ya mas masalahnya?

  10. agan setya saya mw nnya nih….

    klu lptop yg ane pake spesifikasinya

    AMD 1,3 GHz
    RAM 2 GB
    bisa g buat install pcsx2 n maen ffx…

    tolong bntuannya yah…

    • jalan sih jalan, tapi kayaknya bakal slow motion dan bikin laptop super panas :)
      sebaiknya pake PC aja. tuh spesifikasi laptop (apa netbook?) terlalu pelan untuk pcsx2

  11. sy juga ada masalah pas Auron tunjukin air besar i2 ke Tidus.. udah ku default semuax… tpi tetep aja gak bisa.. sy pake PCSX2 0.9.8

    • masalahnya kek gimana ?
      ini ffx yang versi apa ? US atau internasional ?

      ku dulu maen FFX sampe abis lancar.
      paling problem yang umum tuh kadang ada musuh/boss yang menghadap membelakangi karakter, ini solusinya di setting EE rec round mode

      coba pake SVN build yang lebih baru

  12. sob setya
    help dong :)
    akk nie dah nurutin opsi” yang di atas
    awalnya FFX semua normal sob EE 94% fps nya 60
    tapi pass ke depannya akk mainin semua malah jd down sob itu kenapa ya?
    apa karna CDnya?
    tv kalo karna CD masa nyampe 4 CD erornya sama d tempat yang sama juga
    mohon petunjuknya sob setya :)

    • EE sebesar itu, berarti CPu udah dipaksa semaksimal mungkin kapasitasnya. udah mulai kewalahan.
      spesifikasi cpu apa ?

      udah coba pake speedhack, pake yang ada label recommended dan bisa atur sesuai konfigurasi yang aku pakai diatas

      ini pake pcsx2 berapa ?
      coba download pcsx2 SVN build dari pcsx2.net

      di SVN baru ada tambahan speedhack yang namanya MTVU, jadi EE dan VU dipisah, beban prosesor akan lebih ringan karena sebelumnya yang cuman diatasin 1 thread (dan bakal make 1 core cpu aja) bisa dibagi jadi 2. berguna buat yang dah pake cpu2 multicore :)

      kalo dah pake svn baru, coba aktifin speedhack MTVU juga (Selain yang diatas yg udah aku sebut)

  13. intel core 2 duo CPU E7200 @ 2,53 GHz sob
    akk mainin dah pake speedhack maupun ngga pake speedhack
    awalnya lancar banget gg ada yang mananya lambat
    cuman pass d tempat itu ajj semua berubah jd 0% fps nya jadi 4,32
    akk swicht game ke residen evil 4 lancar sob gg ada kendala sedikitpun
    PCSX2 0.98 sobb akk download d situs yang sob setya kasih d atas
    bingung aku XD
    padahal incaran ku main emu ya cuman FFX doang mohon d telusuri ya sob setya ^_^
    makasih sebelumnya

    • coba download yang SVN build baru (calon2 0.9.9) di site pcsx2.net yang ada judul SVN.
      ada speedhack 1 lagi namanya MTVU, coba diaktifin.

      selebihnya emang cukup pas2an cpu kamu. agak susah juga, tap[i bisa dicoba lah.

      kalo pake speedhack yang recommended (ada labelnya) + MTVU masih kurang lancar, coba maen2 di EE cycle hack dan VU stealing juga. mulai dari ee cycle hack dulu.
      (untuk ffx ikutin setting sama kek ffx-ku + MTVU) harusnya udah lebih baek. btw cutscene FFX yg awal2 atau yang nampilin karakter dari dekat emang lebih berat daripada gameplay-nya. jadi cuekin aja.

      buat jaga2 ga ada tambahan problem di VGA, coba set plugin gsdx ke “native” 3d res. btw vga apa ?

  14. halo sob setya :D
    pa kabar?
    oya masalah FFX akk dah lancar nie dah add d tempat save di gedung reruntuhan yang add mahluk cepet itu :)
    cuman link ISO yang wktu itu sob kasih b.jepang bingung akk hahahaha
    nie lagi nyari ISO v.inggrisnya
    dah seharian blom ketemu XD
    makasih banyak ya sob mungkin bener CD ku yang bermasalah soalnya akk beli 4 CD itu d toko yang sama mungkin d smua keping CD nya psti kya gtt

  15. wah sob ternyata add 2 versi tex :D
    akk gg tau soalnya text awal b.jepang pass akk nyari” td d forum IDWS add yang bilang bisa d swicht ke text inggris makasih banyak sobb blog nie perfect
    nyelesaiin masalah dari awal nyampe akhirnya bisa main :D
    sukses buat sob setya ^_^

  16. knpa ya selepas flash ritual yuna menari di kilika port tu layar pcsxe2 ny jadi blank tak ada tampilan lagi? apa ya penyebabnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s