Tugu Pahlawan in 3D


341104_2580193505860_1285091052_31918687_887276064_o(1)“lebih baek terlambat daripada tidak sama sekali”, adalah salah satu pepatah yang sering diajarkan waktu duduk di bangku sekolah. setelah sekian lama tertunda, akhirnya ku bisa nyusul temen2 angkatanku untuk dapatin gelar sarjana (busyet ngapain aja ku telat selama ini???) yang insyaALlah akan ikut wisuda bulan maret nanti.

eniwe, kali ini ku bukan mo nulis maslaah wisuda, tapi mengenai topik yang aku ambil untuk tugas akhir. berawal dari hasrat seorang gamer untuk bisa bikin game sendiri, ku ambil topik yang sangat “game” banget, yaitu pemanfaatan game engine untuk media pembelajaran situs sejarah.

latar belakang sih simpel, sapa yang dulu waktu sekolah bisa bener2 dengerin serius waktu guru jelasin pelajaran sejarah? pasti dalam 1 kelas bisa dihitung jari. beda banget kalo disuruh maen game ha5x. 24/7 paling betah tuh didepan layar. meski dengerin serius, liat foto, kadang tetep susah bayangin gimana tuh kondisi lokasi yang dijelasin ama bapak/ibu guru. terkadang salah satu solusinya adalah kunjungan langsung ke situs sejarah, tapi belom tentu semua mampu, waktu dan jarak sering jadi kendala.

nah, disini ku coba gabungan kemajuan teknologi, dan daya tarik visualisasi 3D untuk menjadi media pembelajaran situs sejarah menjadi suatu pengalaman yang lebih menyenangkan. dari situ muncul deh judul TA ku :

PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN SITUS SEJARAH DALAM BENTUK PETA TIGA DIMENSI INTERAKTIF KOMPLEKS MONUMEN TUGU PAHLAWAN SURABAYA MENGGUNAKAN UNITY3D ENGINE

ini bukti konsep yang aku pake untuk sidang beberapa waktu lalu. alhamdulillah dinyatakan lulus :) aplikasi dikerjakan menggunakan UNITY3D Engine.

 

Tugu Pahlawan in 3D
Advertisements

5 comments on “Tugu Pahlawan in 3D

  1. Bagus banget bang, boleh tanya cara buatnya (popup tulisan, minimap dsb) itu utak atik sendiri atau ada tutorialnya? thanks.

  2. kalo diliat dari yutup keren beroo..
    texture buat lantai/bangunan dapet darimana mas setya? bisa mirip sama aslinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s