Teamviewer remote session pada jaringan lokal (LAN)


teamvieweraplikasi remote desktop hadir dalam beragam pilihan dengan tampilan dan fungsi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, perbandingan lengkap bisa lihat di wiki aja. kali ini ku lagi pengen nulis mengenai teamviewer, mungkin salah satu app remote desktop yang namanya dah cukup dikenal ama user yang emang butuh aplikasi model gini.

beberapa alasan yang bikin user jatuh cinta ama nih app, umumnya karena penggunaan yang cukup mudah. user hampir tidak memerlukan pengaturan khusus. teamviewer mendukung remote session secara online atau melalui internet, sehingga user bisa melakukan remote session pada komputer/sistem yang berada pada lokasi yang jauh. misalkan aja user seorang admin dan perlu melakukan akses pada server yang berada di kantor ketika sedang berada dirumah. untuk bisa melakukan remote session secara online / melalui internet, tentu kedua device mutlak memerlukan koneksi pada jaringan internet.

tapi tulisan ini sengaja mo bahas mengenai remote session pada jaringan lokal. kenapa ? simple, kalo device yang ingin di remote berada pada jaringan yang sama, kenapa harus ngabisin bandwith internet. disamping itu, bandwith jaringan lokal cenderung lebih besar dan stabil :)

tv1teamviewer mendukung fasilitas remote pada jaringan lokal, tetapi secara default sengaja di disable karena pada konfigurasi sistem dan firewall tertentu/ketat kemungkinan permintaan akses firewall dapat muncul secara terus menerus. user dapat mengaktifkan akses LAN melalui menu Extras=>options. pengaturan akses LAN dapat ditemukan pada menu general di bagian “connection on local network (via IP address)”

terdapat 3 pilihan pengaturan di bagian ini :

  1. disable : akses jaringan lokal via IP tidak aktif (default)
  2. accept : menerima akses melalui IP dan tetap terhubung dengan teamviewer network, sehingga pc masih bisa diakses menggunakan jaringan internet dan ID teamviewer
  3. accept exlcusively : menerima akses hanya melalui IP. device tidak memiliki ID teamviewer

untuk mengaktifkan akses melalui jaringan lokal, silahkan pilih salah satu dari pilihan 2 atau 3 sesuai kebutuhan. berikut contoh tampilan panel teamviewer ketika pilihan 1atau 2 aktif (atas) dan pilihan 3 aktif (bawah).

tv2tv3

untuk melakukan koneksi secara lokal pada aplikasi viewer, masukkan IP PC yang akan di remote serta password, lalu “connect” seperti biasa.

jadi secara garis besar langkah2 kek gini :

  • install atau jalankan server teamviewer
  • set opsi koneksi LAN ke accept atau accept exclusively
  • dari viewer masukkan alamat IP pc dan passwrod
  • connect

ini contoh tampilan ketika melakukan akses remote dari viewer android :)
teamviewer client untuk android dapat didownload dari android market.

SC20120203-141202 AktfpU6CEAAelgJ

Advertisements

3 comments on “Teamviewer remote session pada jaringan lokal (LAN)

    • dah lama ngga make TV benernya.
      ini nulis cuman karena ada seseorang yang nulis artikel juga mengenai TV, dia menyatakan kalo TV “wajib” terhubung internet.
      abis aku bilang klo pernyataan itu kurang tepat, dan ku kasih tau caranya make TV di jaringan lokal,
      aku menyarankan pernyataan bersangkutan dirubah atau judul disesuaikan, orangnya marah2 dan ngumpat2, katanya “daripada sok2 ngoreksi tulisan orang nulis sendiri aja!” *bukan kata2 tepatnya, tapi garis besarnya gini

      lol, komen2ku trus dihapus, dia sendiri lalu menghapus postnya :D

      jadi aku tulis aja sekalian disini, biar klo ada yang penasaran ama remote lokal di TV ada yang bisa dibaca2 ;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s