Bali Trip 2012


20120702_003342setelah melepas rasa capek perjalanan, akhirnya sempat nulis juga ^_^ semoga masih bisa ingat kenangan2 manis jalan2 bareng keluarga besar di awal bulan ini.

sebelumnya mo cerita dikit background jalan2 kali ini. refreshing emang tujuan utama, tetapi jalan2 ke bali ini membawa makna lebih dalam dari itu. perjalanan ini adalah rangkaian acara keluarga besar dari Trah keluarga kakekku untuk mempererat hubungan kekeluargaan dari masing-masing anggota keluarga. hehe trah kakekku emang unik, karena anak-anaknya meski berasal dari beberapa istri yang berbeda, klo kata yang dituakan dalam Trah Padmo Suhartan ini, “satu sumber meski berasal dari wadah yang berbeda”, tetapi kerukunan tetap menjadi pegangan nomor satu dalam keluarga, sehingga meski memiliki perbedaan-perbedaan, setiap anggota keluarga tetap dapat saling melengkapi. ^_^ malah bikin trah laen (dari saudara kakek) yang masih satu garis keturunan kakek buyut merasa kagum. palagi minggu depan ada acara “ruwahan” rutin, acara kumpul-kumpul keluarga dari trah kakek buyut. p.s : seragam batikku untuk ruwahan udah jadi loh ^_^

20120702_094017kembali ke topik jalan2 bali. anggota kelompok jalan2 cukup banyak, karena terdiri dari 8 keluarga, yang meski tidak semua anggota keluarga dapat ikut, total sudah mencapai hampir 35 orang. sempat muncul wacana klo ke bali bawa mobil pribadi, emang lebih enak jalan2nya, tapi klo dipikir-pikir ntar pasti malah bikin ribet perjalanan ke bali dan balik. so, jadi deh perjalanan kali ini memutuskan untuk menyewa 1 buah bus pariwisata. karena lokasi tempat tinggal yang berbeda-beda, perjalanan di mulai dari titik pusat jogja dan boyolali, tempat sentral dimana terdapat separuh dari keluarga besar. kemudian “pit stop” di surabaya, yah benernya sih di prambon, sidoarjo wkwkwk untuk istirahat dan menjemput keluargaku dan sodara dari madura yang sudah datang kesini.

ada cerita unik di rumah prambon sebenarnya, sesaat sebelum rombongan solo-jogja datang, kasus pencurian di sebuah rumah yang berda tepat di depan pos satpam dan hanya seberang dari rumahku yang sedang rame dan terbuka lebar hehe tapi itu kayaknya cerita untuk nanti saja.

rombongan datang hampir tengah malam di rumah, selepas istirahat sejenak dan makan malam, kami segera bersiap untuk berangkat ke pulau dewata. perjalanan menuju pelapuhan ketapang, memakan waktu kurang lebih 8 jam, ditambah beberapa jam lagi hingga sampai ke area denpasar (lupa tepatnya tapi sekitar sore nyampe sana). karena udah agak ngga fresh lagi dan banyaknya kegiatan, keknya aku rangkum aja yah hehe *penulis males nih*

Pantai Sanur

20120702_162556pantai sanur adalah tujuan pertama jalan-jalan kami. pantai ini lebih dikenal sebagai pantai matahari terbit, benernya sedikit “out of place” klo kesini sore hari. tapi ga apa lah, masih bisa menikmati keindahan ko, dan adek2 serta ponakan juga bisa have fun abis seharian di dalam bis. meski awalnya males2, ku akhirnya turun juga ke pantai, maen aer bentar ama sodara-sodara, sempat pasang tampang narsis ketika manjat dan naek karang. tapi harap hati2, karang disini tajam2 euy, waktu mau pulang aku baru nyadar kalo ada sobekan yang dalam dan panjang di jempol kaki kiriku TT_TT

Malam di Denpasar

setelah puas di sanur, rombongan menuju ke kota denpasar untuk beristirahat di penginapan. sengaja nginap di denpasar biar lebih tenang dan mudah akses ke area laen. yah disayangkan, terakhir ku ke bali nginap di legian, malam bisa puas jalan2 di sekitar legian ^_^ *next time deh kesana lagi deh*

malam-malam kakak ipar dan om ngajak jalan, jadi deh jalan kaki menyusuri jalan-jalan di denpasar, cukup sepi dan nyaman. awalnya berniat ke legian dan nongkrong di kafe, tapi nelpon rekan om lagi sibuk, ya udah deh, nongkrong di jalanan denpasar aja sambil memandang bulan wkwkwk tapi bulannya bener2 indah, pas bulan purnama pula. jadi inget lagunya Maribeth yang berjudul “denpasar moon”. jadi acara malam ini adalah nongkrong di jalan, ngeliat langit, mengamati jalanan, dan ngobrol sante ama somene nun-jauh disana ^_^

selama menyusuri jalanan bali, ada hal yang membuat terkesan. ini orang-orang bali dengan sangat pede parkir motor dan kendaraan di jalanan sepi tanpa takut kecolongan yah? parkir tuh ngga ada orang sama sekali. sakti kan :-? klo kami perhatiin, tuh motor2 dan mobil ada sejenis ornamen dari janur, semacam pelindung kali yah? klo ada orang bali yang bisa komen mengenai ini makasih banget. hehe tapi besok paginya ku bac akoran ama om, ada peristiwa pencurian motor di daerah pasar badung, deket ama tempat kami nongkrong kemaren, dalam hati bertanya “ini pasti motornya ga dikasih janur?”

satu hal yang perlu dicatat mengenai liburan di bali. buat yang pengen cari oleh2 kek kaos, baju, dan aksesoris laen, benernya ga perlu repot2 ke pasar oleh2. ternyata warga bali banyak yang khusus keliling2 ke penginapan2 dan menggelar barang dagangan, jadi rame juga di depan inapan, ibu2 dan mbak2 pada mulai perang tawar menawar pakaian wkwkwk

WaterSport di Tanjung benoa

setelah istirahat dan sarapan pagi pake nasi goreng, rombongan kemudian bertolak ke arah tanjung benoa. kata guide sih ada beberapa blok di tanjung benoa dan kami diarahkan ke blok yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asia. ya ga salah juga, disana banyak banget yang dari taiwan, cina dan korea, sampe aku bingung gimana ini cari subtittle untuk obrolan di kanan kiri hehe

ada beberapa hal yang menarik di tanjung benoa, yaitu pasirnya yang menghampar luas, naek kapal untuk memberi makan dan melihat ikan serta menuju ke penangkaran penyu. dan yang paling seru, water sport a.k.a olahraga aer. beberapa hal pertama ku dah beberapa kali, jadi awalnya males, tapi karena akhirnya ngikut bareng sodara2. setelah ngasih roti ke ikan yang tumben kali ini lagi susah banget nongol, langsung dilanjut ngeliat penangkaran penyu. ponakan dan adek2 keknya seneng banget liat penyu ^_^ sleain penyu ada beberapa burung dan reptil lain sih untuk diajak foto-foto.

di pengangkaran ngga lama, kami akhirnya balik. eh di tengah lautan, kapalnya smepat mogok bentar. setelah dengan jelinya abang supir bikin kapal yang ngambek ini kembali bersemangat, ko malah ngebut nih abang TT_TT aku ndak bawa baju ganti bang!!! gila aja, karena mang kakiku luka kenang karang di sanur kemaren, ku emang ga niat maen aer dan ga bawa baju ganti. nih abang malah ngebut, akhirnya kena aer semua deh, separoh badanku jadi basah kuyub, nasib…

abis nyampe daratan, eh kakak ipar ngajak maen banana boat. hm… ikut ga yah, ikut ga yah? akhirnya ikut aja #bondonekat. yah itung2 nemenin kakak sepupu yang lagi honeymoon hehehe karena yang laen ngga ada yang mo ikutan, akhirnya cuman betiga aja, naek banana boat bareng pasangan korea. hop, melompat ke kapal pisang, tak lupa pegangan ama tali yang udah disediakan dan mulailah speedboat menarik pisang dengan kecepatan tinggi, belok kanan kiri melompat-lompat diatas ombak o.0 serem juga euy, hampir beberapa kali jatuh ke aer wkwkwk 15 menit berakhir, nyampe pantai akhirnya ku 100% basah kuyuh dari ujung kaki sampai ujung rambut TT_TT eh, gitu kakak ipar masih ngelirik 1 permaenan air lagi, lupa namanya kek balon yang bisa terbang. berhubung kakak sepupu ngga berani, ngga diterusin deh.

abis basah, bingung nih pakai ganti apa aku nanti ?_?’ untung bawa hoodies, akhirnya ganti lepas baju pakai hoodies doang TT_TT celana untung aja bokap bawa celana pendek cadangan.

Garuda Wisnu Kencana

20120703_113318acara siang kemudian dilanjutkan ke Garuda Wisnu Kencana, ato disingkat GWK. GWK adalah sebuah taman budaya yang terletak di bukit jimbarang di area selatan Bali. di taman ini terdapat semacam teater untuk pertunjukan tari dan juga pembangunan patung super besar dewa wisnu, yang saat ini baru selesai sebagian. jalan-jalan disini berasa jadi liliput. semua terlihat BESAR sekali. gunung dipotong2 buat bikin jalanan bikin kesan unik. patung yang sedemikian besar. Patung ini (rencananya) dibangun dengan ketinggian 140+ meter, diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta, Sanur, hingga Nusa Dua.

Kuta Beach

20120703_165122setelah istirahat makan siang, rombongan kemudian berangkat menuju legian, kali ini niat dalam hati maen2 di pantai sambil nunggu matahari tenggelam. nyampe sana, dah mulai pada maen bola dan aer, ku masih mikir2, ga ada baju ganti bos, dan pake hoodies ternyata GA ENAK. yasud, jalan kaki ke buat belanja di legian deh, ditemenin ibu tercinta ^_^ cari kaos ama celana buat ganti, fiuh muter2 agak lama juga buat nyari. selain nyari yang cocok, ibu juga seorang penawar yang ekstrem wkwkwk sampe akhirnya tante2 yang laen ikut nebeng buat shopping bareng. saat kaki udha makin terasa pegal muter sana sini, dapat juga deh kaos dan celana sesuai selera dan harga pas di kantong. langsung ganti baju disitu juga, dan menuju pantai ^_^

klo kata orang pesona bali adalah 3S, Sunrise, Sunset, Sands. ada peson tersembunyi yang keknay udah pada tau sendiri deh, apalagi klo di kuta hehe dan memang benar, di legian banyak banget bule berjemur di pantai yang ngga pake mikir du akali untuk ganti baju atau ngelepas pakaian di depan umum. jadi sering ngga sengaja liat o.0 bahkan ada yang buka baju di depan om2ku wkwkwk fiuh….

detik-detik menuju sunset, langit mulai agak gelap dan dihiasi warna orange. tetapi agak mengecewakan juga sunset di legian ini, matahari tidak menghilang tepat di horison laut, tetapi diatasnya o.0 ntah ketutup daratan nun jauh disana atau awan yah. padahal berharap versi kebalikan dari sunrise yang aku liat di bromo pekan lalu. agak kecewa, tapi udah cukup menyenangkan juga ko’

setelah malam kembali ke penginapan, rencana ama om ke kafe yang kemaren tertunda bakal di eksekusi, tapi ko di inapan udah hampir tengah malam, batal lagi deh. ya males juga sih, kaki udah kewalahan. karena abis dari lagian, masih pada berhenti di khrisna buat shopping oleh2 TT_TT abis makan malam juga ada pertemuan keluarga buat bahas tema jalan2 kali ini, yaitu “kebersamaan”.

Tanah Lot

akhirnya udah hari ke-tiga di bali, waktunya check out dan keliling beberapa obyek terakhir dalam dalam daftar. ke bali klo blom mampir ke tanah lot, rasanya blom lengkap. jadi deh pagi2 obyek pertam ayang didatangin adalah tanah lot. hm.. udah abnyak berubah dari terakhir aku kesini, ada pemugaran dan pebangunan baru disini. tapi masih terasa familiar sih. karena datang pagi hari, kondisi air laut sedang pasang dan ombak cukup besar, jadi ga bisa turun ke pantai dan masuk goa di bawah pura. akhirnay ku cuman duduk2 aja ngeliat ombak sambil megnamati beberapa orang bali yang lagi upacara disitu, rasanya asyik gitu ^_^ bis gitu, langsung nemenin ibu buat shopping oleh2 di pasar tanah lot.

Teman Joger

keknya ini satu hal lagi yang ngga mungkin kelupa klo ke bali, beli KAOS JOGER!!! hehe ku sendiri udah males sih, jadi kemaren benernya ga milih2 kaos juga, akhirnay malah beli kemeja ama yah 1 kaos yah unik pake motif batik. selebihnya, aku langsung kabur aja keluar dari joger dan nongkrong di seberang ajalan, warung oleh2 makanan ^_^ mencicipi pie susu dan minuman dingin. penjualnya lagi baik hati, nyicipin pie susu klo ku ga suka ga usah dibayar, kalo suka silahkan beli 1 kotak. karena rasanya menarik, jadinya beli deh.

Perjalanan Pulang

abis puas menuh2in kendaraan dan nguras kantong dengan oleh2, akhirnya dah pada siap untuk pulang kembali ke jawa. perjalanan yang ditempuh cukup jauh juga, tapi menyenangkan. sekitar pukul 5 sore (waktu bali) kami berhenti makan siang/malam di soka indah, resto dan bungalow yang cukup menarik di kawasan pantai. setelah istirahat sholat dan makan, langsung tancap gas ke penyebarangan. duh macet banget jalannya TT_TT rombongan nyampe rumah selepas subuh. disini nyante2 dulu sebelum siang mereka balik ke solo-jogja.

hehe sempat ditawarin untuk ikut balik juga, mo diajak ama om jalan2 ke kebun kopi di ungaran, semarang. tapi weekend ini udah ada rencana ke tretes sih ama beberapa temen. maaf om, mungkin lain kali aja, next week kan juga ketemu lagi.

nyampe rumah cukup capek juga, hehe pesen tiket spiderman buat sore, akhirnya malah ketiduran dan ga bisa nonton. untung dah kesampaian kemaren malam, bis ini nulis lagi kesan movie salah satu superhero favoritku ini mumpung masih inget ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s