Weekend di Tretes


Air Terjun Kakek Bodo2 minggu terakhir keknya emang sedang hobi-hobinya membawa tubuh ini untuk jalan2 ke berbagai tempat dan mencoba hal-hal baru. akhir pekan ini ku dapat kesempatan menghabiskan waktu di Tretes bersama beberapa teman, sebut saja mawar, melati dan bunga matahari wkwkwk, just kidding, maksudku Devi, Linda dan Dedy.

tretes adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan prigen, pasuruan, provinsi jawa timur. tretes terletak di lereng gunung welirang. jadi lokasi tretes termasuk dataran tinggi yang memiliki iklim dingin, cocok untuk yang sesekali pengen lari dari panasnya surabaya ^_^ lokasi ini cukup dekat dan bisa ditempuh kurang lebih 2 jam dari surabaya dengan menggunakan kendaraan bermotor.

tipikal berangkat nyante, kami naek motor dari surabaya sekitar pukul 3.30 dan nyampe tujuan penginapan di tretes sekitar magrib (5.30 sore). kondisi jalan bisa dibilang cukup lancar, paling kena macet2 dikit di area porong. di jalan ini banyak ketemu truk dan mobil2 besar, serta banyak mobil pribadi. biasalah malah minggu, mungkin ada yang mo pulang atau liburan juga ke arah tretes atau batu.

menikmati segarnya tretes udah cukup membawa perubahan mood, tapi klo kesana cuman buat ngerasain dingin, mending ngungsi ke kamar ortu dan nyalain AC lah hehe weekend ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungin selama di tretes, salah satunya yang pasti dah pada tau adalah air terjun kakek bodo. tapi itu buat besoknya aja lah, masa malam2 kesana ^_^

The Taman Dayuso, setelah turun ke pandaan untuk makan malam, kami sempat nongkrong di “The Taman Dayu”, sebuah resort yang berada di wilayah pandaan. kami ngga ke resortnya, tapi di sekitar jalur masuk taman dayu yang dimalam hari berubah menjadi tempat nongkrong yang cukup asyik. jalur masuk taman dayu yang emang cukup panjang, berjajar taman-taman dan beberapa atraksi mainan kek komeid putar, ayunan dan prosotan (ini bahasa indonesianya apa sih?). selain itu area pejalan kaki yang luas di skeitar jalur masuk juga menjadi sebuah “kafe” makan yang cukup luas dengan atmosfer yang nyaman. bisa jadi tujuan makan malam dengan banyaknya pilihan menu makanan yang ditawarkan. tapi kami ngga makan disitu sih, cuman nongkrong doang. tempatnya nyaman buat duduk2 dan ngobrol, bahkan untuk sesekali narsis didepan kamera hehe

Njagung Duluabis puas foto2, ga lengkap klo ke dataran tinggi ga makan yang anget2, so berhenti bentar di jalan menikmati jagung bakar hangat. kemudian kembali ke penginapan ditemani secangkir kopi bercengkrama dengan teman2 sambil nonton indonesian idol (loh???) sampe ketiduran ^_^ lepas subuh dilanjut jalan kaki buat olahraga, pesertanya cuman aku ama dedy aja sih, kedua tuan putri masih lelap tertidur hehe jalan naek turun bikin kaki capek juga, tapi hawa segar bikin badan terasa sehat. mo liat gimana matahari terbit disini, sayang ketutup awan. ah yasud deh, setelah puas muter-muter, balik penginapan untuk mandi dan sarapan.

agak siang, kami check out dari penginapan dan menuju air terjun kakek bodo. klo nyontek informasi dari mbah gugel, air terjun kakek Bbodo berada di ketinggian 850 meter diata spermukaan laut dan memiliki terjunan air setinggi kurang lebih 40 meter. air terjun ini berada di kawasan wisata tretes di lereng gunung welirang di pegunungan prigen, jawa timur, tepatnya dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pasuruan. yang penasaran lokasi pastinya, silahkan cek koordinat berikut : 7°41’51″S   112°37’41″E

Mendaki Gunung Lewati Lembahdi kawasan ini, kakek bodo bukan satu2nya air terjun yang menghiasi lereng gunung, ada 3 air terjun lain yang bisa ditemui pada perjalanan lintas hutan di area ini. yaitu, air terjun alap-alap, air terjun petruk truno, dan air terjun  sengguruh. untuk masuk ke kawasan wisata air terjun, dikenakan tiket masuk Rp. 8000 per orang dan Rp. 4000 untuk parkir kendaraan roda dua. selepas bayar tiket, mulai deh perjalanan mendaki gunung , lewati lembah, sungai mengalir indah ke.. (eits.. salah ko malah nyanyi). dari pintu masuk kami masih harus berjalan beberapa ratus meter, naik dan turun lintasan pejalan kaki. cukup bikin kaki capek, yang pasti harus hati-hati di beberapa area, agar ga terpeleset ^_^ untuk yang capek jalan jauh, jangan terlalu khawatir, banyak disediakan shelter2 di sekitar lintasan. klo capek, silahkan rehat, atau mau maen ayunan hehe selain shelter, di skeitar lintasan juga terdapat tempat bermain anak-anak, musholla dan warung-warung kecil penjaja makanan. Juga terdapat kolam renang dengan tiket masuk sebesar Rp 5000,- /orang, dan bumi perkemahan.

Dedy narsis di depan aer terjunsampe di area air terjun, busyet rame juga, yah hari libur dan minggu sih. tapi masih bisa menikmati pemandangan yang indah dan dinginnya air. air terjun kakek bodo ini dikelilingi oleh bebatuan yang di topang oleh banyak akar pepohonan, nuansa semi hutan yang rindang dan sejuk sangat terasa saat menjelajah wilayah air terjun ini. klo bawa baju ganti, dipersilahkan mandi dibawah air terjun atau nyoba ngetes bertapa di bawah guyuan aer wkwkwk eniwe, sekilas mengenai kisah air terjun kakek bodo

narsis duluDi beri nama Kakek Bodo karena mengisahkan seorang kakek yang di sebut dengan kakek yang bodoh (bodo).  Menurut cerita penduduk setempat “Kakek Bodo” dahulunya adalah seorang pembantu rumah tangga keluarga Belanda. Dia seorang yang saleh dan jujur. Dia meninggalkan keluarga Belanda tersebut untuk mensucikan diri meninggalkan masalah keduniawian dengan bertapa. Karena sikapnya ini keluarga Belanda yang ditinggalkannya menyebutnya sebagai kakek yang bodoh (Kakek Bodo).

Berkat bertapanya sang kakek memiliki kelebihan/kesaktian yang digunakan untuk membantu masyarakat setempat yang meminta pertolongan. Kakek Bodo meninggal di tempat bertapa. Makamnya sampai sekarang dikeramatkan oleh penduduk setempat dan banyak dikunjungi para pejiarah dari berbagai kota besar. Menurut sang juru kunci, makam Kakek Bodo juga sering dikunjungi para pejabat dan pembesar.

Monyetnay ikut nampangsetelah puas maen aer dan lebih banyak foto-foto ria di aer terjun (ada monyet yang smepat ikut nampang loh), kami memutuskan segera balik. biar ga kesorean euy nyampe rumah. langit juga agak mendung waktu itu. jangan sampe ada yang sakit kena gerimis.

weekend di tretes, weekend yang menyenangkan ^_^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s