Tergoda Nikmat Sesaat Penyesalan Berlipat-lipat


Menunggu datangnya waktu buka puasa rasanya senang sekali. Membayangkan makanan dengan kelezatannya. Rasanya ingin segera menyantapnya. Begitulah perasaan orang yang lapar, pasti sangat senang jika menyadari ada makanan yang siap disantap.

Jika sudah menyelesaikan acara berbuka puasa, apalagi sampai terlalu kenyang, pasti semua jenis makanan yang semula terasa istimewa menjadi kurang selera untuk disantap lagi. Terrnyata makanan itu rasanya akan lebih‘nendang’ di lidah saat kita betul-betul lapar. Orang kalau sudah kekenyangan pasti kehilangan selera makan.

Puasa identik dengan pendidikan untuk mengendalikan diri. Mengendalikan nafsu agar kita menjadi insan yang bertaqwa. Di bulan puasa, seolah Allah menunjukkan pada kita bahwa nikmatnya dunia itu sangat sebentar. Dari pagi sampai sore kita menganggap hampir semua makanan dan minuman itu sangat menggoda. Tapi usai maghrib jadi berubah persepsi kita tentang makanan dan minuman. Terasa biasa kembali. Nafsu kalau dituruti begitu saja tanpa ada pengendalian, maka pemiliknya akan kehilangan nikmatnya pengendalian nafsu.

Jadi, saat kita bisa mengendalikan hawa nafsu, di dalamnya ada nikmat keikhlasan, ada ketenangan jiwa dan ketentraman batin, yang hal itu tidak akan pernah dirasakan oleh orang-orang yang biasa mengumbar hawa nafsu.

Orang yang mampu mengendalikan farji (kemaluan)nya agar tidak berzina, maka dia akan merasakan kebahagiaan yang hal ini tidak didapatkan oleh orang yang gemar berzina. Orang yang berzina paling hanya merasakan nikmat sesaat, ketika sperma telah memancar nafsu syahwat yang semula membara langsung pudar. Setelah itu hati gundah, resah dan perasaan dosa yang menggila. Tak ada ketenangan batin bagi para pendosa.

Mudah-mudahan kita semua bisa terlatih untuk bisa mengendalikan hawa nafsu, tidak hanya di bulan ramadhan saja namun juga di kesempatan yang lain selain bulan ramadhan. Amin.

Disadur dari tulisan ilham.web.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s