Install Dot Net 3.5 Secara Offline Pada Windows 8


Pernah ngalamin perlu install sql server, autocad, atau aplikasi laen yang butuh .net 3.5 di windows 8 ? Nih OS ngga include ngga include .NET 3.5 (termasuk .NET 2.0 dan 3.0) secara default. Untuk upgrade dari Windows 7 ke Windows 8, .NET Framework 3.5 sih bakal fully enabled.

Eniwe, nih step-by-step enable not net 3.5.

Step 1 :
Ke Settings. Pilih Control Panel lalu Programs.

 Step 2 :
Klik Turn Windows features on or off, ntar nongol kek image dibawah ini.

Silahkan enable fitur dengan klik .NET Framework 3.5 (include .NET 2.0 and 3.0) pilih lalu klik OK. Setelah langkah ini, windows akan mengunduh seluruh paket dari internet dan install .NET Framework 3.5. 

YOU NEED TO BE ONLINE!!! Yang kagak ada net atau koneksi lemot gimana dong ?? sayangnya kagak bias deh, dah ngga bias kek era windows 7 dan sebelumnya, dimana bias download paket redist offine trus install. Saying sekali kan, padahal ada beberapa applikasi yang membutuhkan dot net untuk dependensinya, bahkan ada yang include di installernya. Hehehe beberapa waktu lalu ngalamin saat instalasi autocad di client.

Trus gimana dong ?

Hmm… tenang, klo masih ada dvd win8 atau image yang dipake untuk instalasinya, bias diakalin.

Step 1 :
masukin DVD Windows 8 atau mount ISO. Source fitur ini bias diteukan di folder F:\sources\sxs. (case ini F:drive yang ada media windows 8.)

Step 2 :
Buka CMD.EXE dengan hak admin. 

Step 3 :
jalanin perintah Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess, lalu tekan enter. 

Kalo udah kelar, fitur .NET Framework 3.5 bakal enabled.

 

Enjoy ;)

 
 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s