Lo ngga harus beli TV baru buat PS5 ataupun Series X|S


ok, kenapa akhirnya aku nulis ini ? simple, karena udah keseringan orang bikin pertanyaan kek gini :

  1. tv yang cocok buat ps5 / series X|S apaan ya ?
  2. tv yang sekarang bisa dipakai ga buat next gen console ?
    yang bikin menggelitik buat nulis sebenarnya bukan pertanyaan ini, tetapi jawaban yang sering dilontarkan oleh orang lain untuk menjawab pertanyaan2 tersebut.
    kita sebut saja jawaban yang umum, kayak :
  3. tvnya blom hdmi 2.1, nanti gambarnya jelek.
  4. resolusi cuman fullhd atau dibawahnya, nanti performa ps5 ga maksimal
  5. harus 4K biar renderingnya bagus.
  6. dll

nah jawaban2 kayak gini yang bikin gatel nulis.

okay kita masuk ke jawabannya ya. jadi jawaban buat yang nanyain TV, aku simple aja jawabnya.
NGGA, lo ngga perlu beli TV baru buat PS5 ataupun series X|S
console2 baru ini memang fokus dan feature yang dimiliki untuk mengoptimalkan 4K dan HDR, tapi ga berarti kamu harus ganti ke TV tersebut untuk bisa menikmati.

klo kamu ngga punya tv 4K HDR, kamu ngga akan ketinggalan banyak ko’.

console generasi sebelumnya juga udah maen di 4k dan hdr (ps4 pro, one x), jadi sebenarnya ga banyak perubahan disini.
HDR di tv entry level pun masih so-so, jangan sampai terlalu ngarep hdr true to life macam tv2 oled flagship yang harganya puluhan juta.
entry level tv yang nawarin hdr udah lumayan, atleast mendingan daripada tv2 jadul, tapi ekspektasi jangan terlalu tinggi. g aterlalu game changer juga sebenarnya. bahkan mungkin kamu bakalan sering maen di sdr, karena tiap game bisa punya kalibrasi hdr yang berbeda, tiap tv juga bisa bisa kalibrasinya. hal in ikadang effort yang dikeluarin buat setting ga worth waktunya.

selanjutnya 4k resolution. ada yang mentah2 bilang resolusi tv di bawah itu “ampas” karena bikin gambar ps5 jadi jelek atau ngga manfaatin seluruh performa ps5/seriesX. ini juga salah.

mo pake tv apapun, resolusi berapapun. target akhir ps5 sebelum output ke tv adalah 4K, selalu. diluar game/developer ngerender game mereka di resolusi yang berbeda. setelah itu baru diresize / downsampe oleh ps5 ke resolusi output TV. mau di output ke res 4K, 1080p, 720p,ataupun 480p. ga akan ada perbedaan kualitas target akhir ps5 sebelum di sample ke res output.

di tv ukuran 32-43″, res full HD itu masih cukup tajem. di jarak normal 1.5-2 meter ngga akan keliatan pixelnya. apalagi output original adalah 4K yang disample ke full HD, akan lebih alus karena ada aliasing yg otomatis muncul karena downsampling frame tadi.
4K akan lebih keliatan lagi benefitnya klo di ukuran tv yang lebih tinggi lagi.

jadi, klo emang budget ada dan memang aku ganti TV 4K, silahkan. tetapi ga ganti pun tak mengapa, output ps5 tetap cantik dan lebih bagus dari console sebelumnya ^_^

IMPROVEMENT terbesar next gen console bukan di teknologi tv, tetapi improvement ke prosesing dan tenaga dari console itu sendiri.

  1. CPU yang lebih kuat
  2. GPU yang lebih kuat
  3. storage dan IO dan lebih kencang

Perpaduan dari ketiganya mengingkatkan experience bermain game dengan visual dan efek yang lebih baik, simulasi dan kalukasi ingame yang lebih baik, frame rate yang lebih stabil, dan tentu saja load data yang lebih cepat. ga perlu ganti tv juga akan bisa merasakan semua itu

yang terakhir, HDMI 2.1. ini yang sering kali disebut juga. “nih tv blom hdmi 2.1”, “harus hdmi 2.1”.
HDMI 2.1 tambahan yang bagus, tapi bukan sesuatu yang urgent.
HDMI 2.1 sendiri standard yang baru dibakukan tahun 2019, blom bnayak tv2 entry level (blom ada malah) yang pakai ini. masih mainan tv2 menengah keatas.

beberapa fitur hdmi 2.1 yang berkenaan dengan gaming.

  1. bandwith gede yang mendukung data 4K 120 fps
    • tv yang refresh rate 60hz, jelas ga butuh hdmi 2.1, in idi reserve untuk tv 4k dengan panel 120hz. jadi jangan coba cari tipe hdmi ini klo tv ga mendukung 120hz. untuk ps5 dan series X|S sendiri memang ada game yang mendukung 120 fps. 120fps emang akan lebih smooth, tapi jangan berharap lebih cantik ya. game yang dukung mode ini mayoritas akan render dibawah 4K untuk mencapi resolusi ini, trus upscale ke 4K lagi dan output ke tv, agar bis angejar perform 120 fps, bahkan mungkin nurunin sedikit setting. 120fps hanya akan lebih berguna buat kompetitif multiplayer, kayak first person shooter game lawan real player, benefit di response. tapi kecuali kamu perfectionist / pro gamer kompetitif, 60 fps itu sudah cukup bagi mayoritas gamer.
  2. vrr, alias variable refresh rate.
    • apa sih variable refresh rate. jadi intinya adalah ada info tambahan agar refresh rate panel tv akan disesuaikan dengan jumlah frame yang dikirim console, untuk case klo fps ga stabil, alias naek turun. tujuannya untuk mencegah tearing. ini googling aja sendiri. saat ini PS5 blom mendukung VRR. tv dgn hdmi 2.1 yg “agak” terjangkau, sony x900h aja masih blom ad aupdate untuk vrr. jangan ngarep fitur ini di tv under 10jt.
  3. allm, auto low latency mode
    • info tambahan untuk trigger mode low latency. agar input dari game dan output display tidak berjeda terlalu lama, payah kan klo nembak pistol kelamaan reaksinya dah kabur orangnya :) ga urgent2 jg ini, enable aja game mode di tv kamu, disable motion atau processing laen buat menurunkan input latency. disamping ps5 jg blom support allm.
  4. enhanced audio return channel (earc).
    • terusan dari arc. jadi bisa passthrough audio dolby ke tv, kemudian lempar lagi ke audio device. di ps5 dolby cuman di bluray, di series X ada beberapa game yang bisa.

sejujurnya keempat fitur diatas berguna, nice to have. tapi bukan wajib untuk experience console kamu. hdmi 2.1 masih di era2 awal, blom semua tv support, apalagi di kelas entry dan middle. bahkan kapan hari masih ada bug kan implementasi hdmi 2.1

Jadi gue butuh TV baru atau ngga ??
PlayStation 5 dan Xbox Series X bakal ngasih kamu pengalaman bermain game yang lebih baik daripada generasi sebelumnya, ga perduli apapun TV kamu.

kalo kamu masih pakai tv 1080p, lo bakal dapat value saat ganti ke 4K. sekarang ataupun nanti2. HDR juga improvement ke kualitas gambar, tapi bener2 perhatikan review dulu. make sure panel juga kualitas bagus. jenis panel, pencahayaan, dll. cek review macam rting atau tech reviewer trusted lainnya. jangan sampe dpat yang nulis support hdr content, tapi peak brightnes rendah yg bikin hdr ga akan berasa. cari yang support local dimming juga. klo bisa dapat yang jg udah support hdmi 2.1, lebih bagus lagi. tapi kembali lagi, bukan suatu kewajiban.

klo udah punya 4K HDR TV, tapi blom HDMI 2.1, ga usah buru2 ganti model baru. kamu masih bisa dapat sebagian besar benefit console baru ko.

kalo emang tv udah terlalu jadul dan emang lagi butuh tv baru (ga ucman karena ganti console), go for 4K tv. udah cukup banyak opsi sekarang. hdmi 2.1 is nice to have. jangan upgrade atau beli karena hdmi 2.1 nya, cek kelebihan2 yang laennya. kayaknya masih bbrp tahun lagi sampai hdmi 2.1 mainstream.

dan yang paling penting sesuaikan dengan budget.
ini buat yang lagi nyari tv, dan yang kasih saran ya. jangan ada orang budget 5 juta disaranin x900h wkwkwkwwkwk

visit channel bakpaoajaib di youtube jg untuk vlog dan video2 gameplay lainnya.

peace :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s